Tanaman Padi di Tegal Sungsang di Serang Hama Penggerek Batang

Sampurasun .. Rampes. 

MANGYONO.com - Tanaman Padi di Blok Tegal Sungsang, Bendungan, Pagaden Barat, Subang di Serang Hama Penggerek Batang. Penggerek batang padi tersebut masuk masuk ke dalam pelepah daun dan berjalan menuju ke titik tumbuh atau batang padi, sehingga merusak tanaman tersebut. Hama ini disebut hama sundep (dead heart effect=akibat kerusakan teras). 

Tanaman padi saya juga yang di Blok Tegal Sungsang terserang hama Penggerek Batang. Sehingga tanaman tersebut menjadi rusak terutama pada buah padi yang akan berisi, ulat segera mencari batang tanaman padi. 

Tanaman Padi di Tegal Sungsang di Serang Hama Penggerek Batang
Tanaman Padi di Tegal Sungsang di Serang Hama Penggerek Batang. Foto jepretan di sawah admin

Tanaman padi saya diserang sesudah bulirnya terbentuk, maka aliran air yang membawa unsur hara pada malai terganggu. Akibatnya tanaman padi menghasilkan malai-malai yang hampa dan berwarna keputih-putihan sehingga disebut hama beluk (white heads). Seperti pada Foto di bawah ini..

FOTO : Tanaman padi admin di terkena hama Beluk (white heads).
 FOTO : Tanaman padi admin di terkena hama Beluk (white heads). Tapi untungnya bisa di cegah sehingga hama Beluk tersebut gak menyebar pada tanaman padi lainnya ...

FOTO : Tanaman padi yang terkena hama beluk atau penggerek batang
FOTO : Tanaman padi yang terkena hama beluk atau penggerek batang, tapi masih ada bulir padi yang berisi ... Mudah - mudahan saja tanaman padi saya ini bisa di panen ...


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar