Skip to main content

Cara memisahkan bunga aglaonema / donna carmen dari indukannya

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Hari ini saya akan menulis tentang Cara memisahkan bunga aglaonema dari indukannya.

Sebelumnya saya pernah menulis juga tentang ini, di postingan Cara Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen / Aglaonema dari Indukannya dan cara menanam dengan media pot.Tapi gak apa khan ini sebagai revisi aja ... hehe.

Tanaman Aglaonema ini didapatkan dari Thailand bernama "Siam Aurora" dengan warna daun hijau dan memiliki warna merah di tepi daun, ini bukan punya saya, tapi ini punya boss saya yang di beli langsung dari Thailand
Cara memisahkan bunga aglaonema dari indukannya
 Cara memisahkan bunga aglaonema dari indukannya

Yuk, Kita lanjut dengan  Cara memisahkan bunga aglaonema dari indukannya ...

1. Siapkan Kompos atau Arang sekam padi lalu campurkan dengan media tanah dengan perbandingan 1 Pupuk Kompos :2 Tanah.

Mengeluarkan tanaman dan tanah dari pot
2. Keluarkan tanaman dan tanahnya dari media pot, ingat jangan dipecahkan atau di robek potnya ya... Khan sayang, nanti khan bisa dipakai lagi potnya.

Semprot bagian akar tanaman bunga agar akar terlihat
3. Untuk membongkar tanah yang biasa saya lakukan yaitu, menyemprot tanah tersebut dengan air, cara ini lebih baik daripada membongkar tanah dengan skop atau tanah. Karena akar tanaman rawan terpotong dan putus.

Pemotongan batang bawah anakan dari indukan.
4. Potong menggunakan gunting pohon, bagian pangkal anakan atau bagian yang menempel ke indukan.

5. Potong atau pisahkan anakan dari indukan. Bagian anakan yang mau dipisahkan harus terdapat akar minimal lebih dari satu

6. Tanam kembali indukan tanaman pada pot yang tadi dengan menggunakan media tanah yang sudah dicampur, kalau mau diganti juga boleh. Usahakan bagian bawah atau dasar pot diberi pecahan genteng, batu bata atau kerikil.

Penanaman untuk anakan
7. Penanaman untuk anakan sama dengan penanaman indukan, dengan menggunakan media tanah yang sudah dicampur, dan bagian bawah atau dasar pot diberi pecahan genteng, batu bata atau kerikil.

Penyiraman tanaman baru
8. Setelah penanaman selesai sebaiknya tanaman tersebut disiram sampai basah, ini bertujuan untuk memadatkan rongga - rongga tanah.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar