Kupu – kupu penghisap bunga ditaman mungil

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Kupu-kupu berkaitan erat dengan taman yang dipenuhi tanaman bunga ataupun kebun yang penuh dengan pohon buah yang sedang berbunga. Kupu-kupu seperti halnya serangga lain dan kelelawar membantu penyerbukan tanaman pada bunga yang mekar.

Kupu-kupu mempunyai alat mulut penghisap nektar bunga, meski ada juga jenis yang tidak pernah mengunjungi taman bunga dan lebih suka makan getah tumbuhan, bagian hewan yang membusuk, atau materi organik lainnya. Sedangkan larvanya pemakan tumbuh-tumbuhan beberapa di antaranya berperan sebagai hama penting pada tanaman budidaya . 

"Jadi kupu – kupunya menguntungkan sedangkan larvanya merusak tanaman ... hehehe. "
Kupu – kupu penghisap bunga ditaman mungil
 Kupu – kupu penghisap bunga ditaman mungil

Ciri-ciri khas kupu-kupu adalah mempunyai dua pasang sayap membranus, tertutup sisik dan biasanya warnanya menarik, cemerlang dengan pola yang teratur. Sisik-sisik pada sayap mudah terlepas seperti debu bila terpegang dan tidak mempunyai frenulum . Kebanyakan tubuh dan tungkainya tertutup dengan sisik-sisik, sungut ramping dan menjendol pada ujungnya.

kupu-kupu dewasa menghisap nektar bunga dan cairan lainnya dengan menggunakan probosis atau mulut penghisap yang seperti sedotan spiral. Ketika tidak digunakan, probosis ini akan digulung melingkar seperti selang air.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar