Opak merah atau opak manis atau opak beureum

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Indonesia memang terkenal dengan berbagai macam makanan tradisional yang dimiliki oleh masing-masing daerahnya. Setiap daerah pasti memiliki ciri tersendiri mengenai makanan khasnya. Termasuk daerah saya yang memiliki berbagai macam makanan tradisional salah satunya adalah cemilan Opak merah atau opak manis atau dalam bahasa Sunda dikenal dengan “Opak beureum”.

Ya, kita dapat menyebutnya dengan sebutan OPAK BEUREUM. Opak adalah makanan kering renyah sejenis dengan kerupuk khas Sunda, Jawa Barat. Opak ini berbeda bahan dasarnya dengan kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan Opak terbuat dari tepung beras ketan yang diberi bumbu garam, gula, dan bumbu penyedap lainnya. Opak dimasak dengan berbagai cara yaitu bisa dengan dibakar diatas bara api ataupun digoreng. Untuk Opak beureum sendiri lebih pas dimasak dengan cara dibakar diatas bara api karena lebih renyah, tak berminyak dan terasa aromanya.

Opak merah atau opak manis atau opak beureum
 Opak merah atau opak manis atau opak beureum

Tertarik untuk mengetahui cara pembuatannya lebih dalam... silahkan datang saja ke lembur... Hehehe

Kalau ditempat saya, biasanya opak beureung dibuat menjelang acara perhajatan, jadi yang mau hajatan biasanya membuat berbagai kue khas seperti opak bodas, opak beureum, ranginang, kutumayang, dodol, wajit dan lain – lain.

Opak beureum itu renyah dan tak berminyak, karena dibakar diatas bara api
 Opak beureum itu renyah dan tak berminyak, karena dibakar diatas bara api

Saat membentuk adonan opak merah ini terlihat mudah, namun ternyata lumayan sulit karena butuh kesabaran dan keterampilan.

Baca juga Cara membuat Opak Singkong dengan ditumbuk atau diparut
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar