--> Skip to main content

Pah, kenapa pesawat bisa terbang?

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Anak saya pernah bertanya. Pah, kenapa pesawat bisa terbang? padahal terbuat dari besi, seharusnya kan berat dan tidak bisa terbang, manusia saja yang ringan dan bukan terbuat dari besi tidak bisa terbang, tapi kenapa pesawat yang besar malah bisa terbang?

Nah, dengan jawaban seketemunya saya jawab begini. Pesawat tuh bisa terbang berkat gabungan tenaga dari mesin dan gaya angkat yang di sediakan oleh sayapnya.

Pah, kenapa pesawat bisa terbang?
 Pah, kenapa pesawat bisa terbang?

Sewaktu pesawat bergerak kedepan, udara melewati sayapnya. Sayapnya itu melengkung sedemikian rupa sehingga bidang permukaan atasnya lebih lebar dari pada permukaan bawahnya, dan udara yang melewati bagian atas terpaksa bergerak lebih cepat.

Terciptalah wilayah tekanan rendah di atas sayap. Perbedaan tekanan yang diatas dan dibawah itulah yang disebut gaya bubung. Makin cepat gerak maju, makin besar gaya bubung ini sampai akhirnya mengatasi gaya gravitasi.

Selama pesawa tinggal landas, bilah atau kelepak sayapnya merentang untuk manambah bidang sayap dan gaya bubungnya. Sewaktu terbang, pesawat naik atau turun dengan mengubah sudut serang sayapnya. 

FOTO : Pesawat terbang rendah. Jepretan admin di JL. Husein Sastra Negara, Rawa Bokor - Benda. Tangerang
 FOTO : Pesawat terbang rendah. Jepretan admin di JL. Husein Sastra Negara, Rawa Bokor - Benda. Tangerang

Sudah mengerti Nak?. Kalau belum mengerti dan belum puas, tunggu aja komentar dari sahabat di blog ini ...


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments