--> Skip to main content

Proses pengeraman telur secara normal

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Secara normal telur ayam akan menetas dalam waktu 21 hari pengeraman oleh indukan. Jika telur tersebut dibuahi oleh ayam jantan.

Tapi Ayam betina tetap akan menghasilkan telur, meski tidak ada pejantan yang membuahinya .Coba aja lihat di peternakan ayam petelur. Mereka justru tidak diberikan pejantan untuk menghemat pakan. Dan tetep aja ayam betinanya bertelur, meskipun gak ada Ayam jantan. Namun telur-telur tersebut tidak akan menetas karena tidak dibuahi oleh pejantan. Untuk bisa menetas, ayam betina harus dikawin oleh ayam jantan. Untuk menghasilkan anakan ayam yang unggul perlu dilakukan perkawinan ayam yang dipilih indukannya secara cermat.

FOTO : Induk ayam sedang mengerami telurnya. Ayam ini piaraan si sulung " Gugum "
 FOTO : Induk ayam sedang mengerami telurnya. Ayam ini piaraan si sulung " Gugum "

Nah, dalam masa pengeraman tersebut diperlukan kondisi-kondisi ideal supaya telur ayam bisa menetas. Kondisi ideal tersebut adalah suhu pengeraman yang sesuai antara 36 sampai 39 derajat celcius. 

Baca juga : 
Cara / Tips Mengobati Ngorok Atau Folk Pada Ayam
Cara agar nafsu makan ayam kampung bertambah. 
Anak saya dan Ayam kampung   
Beternak Bebek Koco

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments