--> Skip to main content

Resep Cara Memasak Umbut Kelapa

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Memasak Umbut Kelapa ?... Mungkin jenis masakan ini terdengar asing bagi anda yang belum mencobanya. Umbut kelapa adalah bagian pucuk batang kelapa yang masih muda dan lembut. Rasanya manis dan teksturnya kriuk – kriuk ... Heheh. 

Di kampung saya, Subang, Jawa Barat, umbut kelapa adanya di saat- saat tertentu, selain karena harganya mahal, umbut kelapa juga susah untuk didapat karena harus menebang 1 batang kelapa untuk umbut seberat 1-2 kg.

Resep Cara Memasak Umbut Kelapa
 Resep Cara Memasak Umbut Kelapa

Nah, kebetulan kemarin ada tetangga yang menebang pohon kelapanya, saya yang ditawari umbut kelapa tersebut langsung mengiyakan tanpa berfikir panjang dan lebar. Biar gak penasaran yuk, kita langsung masak lodeh umbut kelapanya

Bahan :
i. 1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas, dicuci, diiris tipis seukuran sendok makan, tebal ½ cm, setelah itu di rendam supaya tidak berubah warna menjadi merah.
ii. ½ kg tulang iga sapi atau ayam , dipotong-potong lalu bersihkan ( kalau gak ada ya gak pake juga gak apa – apa... Hehehe ).
Bumbu :
* 2 gelas santan kental.
* laos dan serai di memarkan.
* 3 lembar daun salam
* 1 sendok teh ketumbar
* sedikit terasi dan garam.
* 6 siung bawang merah
* 2 siung bawang putih

Cara membuat Sayur Umbut Kelapa :
* Tiriskan umbut yang telah direndam.
* Rebus tulangan/ayam sampai agak matang, lalu masukkan umbut yang sudah diiris tadi ( kalau gak ada jangan dimasukan ya ... Hehe ).
* Gerus/tumbuk semua bumbu sampai halus, kecuali daun salam, laos, dan serai.
* Masukan bumbu kedalam wajan umbut yang sedang direbus. Biarkan matang dan meresap.
* Kalau air berkurang bisa ditambahkan sesuai selera. Sayur berkuah semacam lodeh.
* Siap dihidangkan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments