Skip to main content

Cara Menanam kacang Hijau di sawah bekas tanaman padi ( Bagian 1 )

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –   Cara Menanam kacang Hijau di lahan sawah bekas tanaman padi (Bagian 1).

Ditulisan Cara Menanam kacang Hijau di sawah bekas tanaman padi saya bagi menjadi beberapa bagian... Karena tulisannya agak panjang... Tulisan ini merupakan bagian ke 1 (satu). 

Kacang hijau atau kacang ijo di daerah saya sunda biasanya disebut juga Kacang hejo.. kacang herang.... Kacang ijo adalah tanaman yg tumbuh didaerah tropis.  Kacang hijau suka pada tanah gembur dengan saluran pembuangan air yang baik. Tanah sawah bekas padi dapat dipakai untuk tempat penanaman kacang hijau, serta sisa-sisa tumbuhan padi seperti jerami dapat segera dibenamkan atau disingkirkan untuk dibakar ini nantinya untuk penutup biji – biji kacang hijau yang ditanam...

Cara Menanam kacang Hijau di sawah bekas tanaman padi ( Bagian 1 )
 FOTO 1 : Cara Menanam kacang Hijau di sawah bekas tanaman padi ( Bagian 1 ). Nenek saya (Nenek dari istri) sedang membuat lubang tanam dengan alat tugal.
....

Untuk ditanam dilahan sawah yang bekas tanaman padi tidak perlu pengolahan tanah... Tapi kalau mau pengolahan kering dikerjakan lewat cara mencangkul atau dibajak agar bisa diratakan dengan bagus... #Tapi sayah mah ndak... langsung tanam aja... dah beres ... Hehehe. Tanaman kacang hijau ini dapat ditanam dengan cara tumpang sari dengan tanaman jagung.
 
A. Pembuatan Lubang Tanam / lubang tugal 
Pembuatan lubang tanam dikerjakan lewat cara memakai alat tugal bermata satu. Untuk jarak tanam yang umum digunakan yakni panjang 20 cm serta lebar 20 cm. 

Tapi sebagian petani ada juga yang menggunakan alat tugal bermata 3 ... Katanya, alat tugal bermata tiga itu bisa digunakan untuk lubang pertama untuk menanam bibit kacang hijau, serta lubang yg ke-2 serta ketiga untuk lubang pupuk. Untuk lubang tanam kedalamannya sekitar 4 cm. 




Pembuatan lubang tanam kacang ijo.
FOTO 2 : Pembuatan lubang tanam kacang ijo jarak 20 cm x 20 cm.
....

B. Langkah Penanaman kacang hijau
Sesudah tanah dilubangi dengan alat tugal... Atau bisa juga dilakukan oleh 2 orang, yang satu membuat lubang dengan alat tugal sedangkan satu orang lagi menanam atau memasukan biji kacang hijau kedalam lubang. 


FOTO 3 : Penanaman kacang ijo dilakukan 2 orang
FOTO 3 : Penanaman kacang ijo dilakukan 2 orang ... 1 orang untuk membuat lubang dengan alat tugal, 1 orang lagi untuk memasukan biji - biji kelubang tanam.


Tiap-tiap lubang berisi 2 - 4 butir benih serta diikutii dengan serta metupnya dengan tanah atau arang/abu jerami yang dibakar . Tujuan dari penutupan lubang yang terdapat biji – biji kacang hijau yaitu untuk menghindari biji – biji kacang hijau dimakan burung, atau hewan lain...

FOTO 4 : Memasukan biji kacang ijo ke lubang tanam
FOTO 4 : Memasukan biji kacang ijo ke lubang tanam sebanyak 2-4 biji. Kedalaman lubang tanam sekitar 4 Cm
....

Cara ini merupakan cara selebor saya... Ya, gimana gak selebor.. batang - batang padi masih berdiri tanpa pengolahan tanah... Tertarik dengan cara selebor saya.... silahkan baca selanjutnya di..... 

 Bersambung  ke Cara menanam kacang Hijau di sawah bekas tanaman padi ( Bagian 2 )
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar