Skip to main content

Grafting / sambung pohon kamboja mulai tumbuh bunga

Grafting / sambung pohon kamboja tumbuh kuncup berbunga

Perbanyakan dengan cara sambung atau cara grafting pada dasarnya adalah menggabungkan batang atas hasil memangkasnya (prunning), dengan batang bawah tumpang. Cara grafting biasanya menggunakan model V. 

Nah, seperti yang dilakukan saya ini, yaitu menyambung pohon bunga kamboja dengan bunga dan daun yang berbeda. Untuk pohon kamboja bagian bawah / batang bawah yaitu jenis kamboja dengan warna bunga kuning dan berdaun lebar. Sedangkan untuk kamboja atau entres bagian atas yaitu jenis kamboja yang berdaun putih dan berdaun kecil ramping.. 

Grafting / sambung pohon kamboja tumbuh kuncup berbunga. Foto jepretan di depan rumah si Boss, di Jakarta ... Hehehe

Pada tulisan saya sebelumnya sudah dijelaskan cara sambung / grafting sambojo / kamboja pada postingan yang berjudul Cara stek sambung kamboja dengan warna bunga berbeda atau Cara menyambung tanaman bunga Adenium

FOTO : Grafting / sambung pada pohon kamboja
FOTO : Grafting / sambung pada pohon kamboja batang bawah kamboja bunga kuning, batang atas kamboja bunga putih dengan jenis daun berbeda.

Cara Grafting / sambung ini bisa dipraktekan pada tanaman lain, seperti pohon Mangga, Jeruk, Lengkeng, Tomat, singkong, Jambu air, jambu batu dan tanaman lainnya, asalkan satu jenis atau getahnya sama... 

 FOTO : Pohon kamboja yang dilakukan Grafting / sambunga.
 FOTO : Pohon kamboja yang dilakukan Grafting / sambunga.


Nah, Keunggulan yang diperoleh dengan cara perbanyakan grafting ini adalah :
a. Tanaman hasil graftng / sambung sama seperti induknya atau bahkan lebih baik karena faktor dominan dari jenis batang bawah (tumpang) yang lebih unggul dari induk atas yang akan dijadikan prunning / top grafting.

b. Waktu yang dibutuhkan untuk perbanyakan relatif singkat, sekitar ± 21 hari      (3 minggu) dan tumbuh sempurna ± 2 bulan. Baca Cara pembukaan sungkup stek / grafting kamboja

c. Satu jenis tanaman dengan ranting/cabang ideal sebagai tumpang dapat disambung (variasi) dengan beberapa jenis sesuai keinginan sehingga satu tanaman menjadi menarik beragam bunga.

 FOTO : Pohon kamboja yang dilakukan Grafting sudah tumbuh kuncup bunga
 FOTO : Pohon kamboja yang dilakukan Grafting sudah tumbuh kuncup bunga

d. Kreasi tanaman batang bawah (tumpang) yang baik dan unik menjadi semakin menawan dan elegan.


Baca juga :  
Cara Menyambung tanaman dan stek satu mata 
Perbanyakan Tanaman hias Kamboja Jepang ( Adenium )

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments