Cara pencegahan dan pemberantasan kaki gajah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara pencegahan dan pemberantasan kaki gajah

Di tulisan sebelumnya saya sudah menuliskan apa penyakit gajah itu... Ya, Penyakit Kaki gajah atau sering disebut dengan Filariasis. Nah ditulisan ini saya akan menuliskan cara pencegahan dan pemberantasan kaki gajah. Tulisan sebelumnya dengan judul Mengapa disebut kaki gajah

Cara pencegahan dan pemberantasan kaki gajahCara pencegahan dan pemberantasan kaki gajah


i. Memberantas sumber penularan dengan mencari dan mengobati seluruh penderita kaki gajah. Dilakukan pemeriksaan darah pada jari dan tangan, advokasi, sosialisasi, dan pemberian obat kepada masyarakat. 

Untuk mencegah terjadinya penularan filariasis dilakukan pemberian obat massal pencegahan filariasis, dan peran serta dari semua pihak menyukseskan pemberian obat massal itu.

ii. Meningkatkan pendidikan kesehatan pada masyarakat, agar masyarakat tersebut mampu mencegah, hidup bersih. Ciptakanlah lingkungan yang bersih serta bebas dari nyamuk demi menghindari tertularnya penyakit kaki gajah. Pemberantasan nyamuk berupa fogging ini sangat membantu dalam pemberantasan mata rantai penularan. Selain itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan di puskesmas atau dokter untuk mengetahui apakah seseorang terbebas dari gejala kaki gajah atau tidak.

iii. Memberantas hewan perantara dan larvanya.

Dikutip dari buku Biologi SLTP Kelas 3

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar