Mengapa disebut kaki gajah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Mengapa disebut kaki gajah.

Mengapa disebut kaki gajah .... Penyakit Kaki gajah atau sering disebut dengan Filariasis banyak menyerang penduduk Indonesia. Misalnya di Pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Penyakit ini yaitu penyakit yang ditularkan melalui cacing Filaria malayi. dan cacing Timor microfilaria. Penularanya melalui gigitan nyamuk Culex fatigans. 

Melalui gigitan nyamuk, larva cacing masuk dan hidup di dalam pembuluh serta kelenjar getah bening ( jaringan limfa ). Akibatnya timbul radang disertai demam yang datang mendadak dan berulang - ulang. 
Mengapa disebut kaki gajah


Sumbatan ini bisa terjadi di seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, penyumbatan terjadi di bagian daerah lipatan paha. Bisa juga terjadi di kaki dan tangan. Penyumbatan pembuluh limfa inilah yang menyebabkan tubuh penderita penyakit kaki gajah membengkak. Parahnya, di pembuluh limfa, cacing dapat bertahan hingga sepuluh tahun.... Waw lama juga ya sob.

Ada tiga kondisi yang meungkin terjadi pada penderita penyakit kaki gajah:
penderita bisa saja tidak merasa sakit atau mengeluh sakit. Tetapi, tetap saja penyakit ini berbahaya karena dapat menular ke tubuh orang lain.


Dikutip dari buku Biologi SLTP Kelas 3

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar