• JUAL BENIH PADI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padinya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI TRISAKTI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI CAKRABUANA02 (CB02)

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi CAKRABUANA02 (CB02)-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

Hama Lembing Batu Serang Tanaman Padi di Cibandung, Pagaden Barat

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Hama Lembing Batu Serang Tanaman Padi di Cibandung, Pagaden Barat, Kab. Subang.

Saya berusaha mengisolasi hama lembing batu di Cibandung, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang. Agar serangan hama itu tidak meluas, padi di Kecamatan Pagaden Barat, saya melakukan penyemprotan menggunakan pestisida.


Serangan lembing batu biasanya menyerang tanaman padi setelah kemarau panjang. 

Hama Lembing Batu Serang Tanaman Padi di Cibandung, Pagaden Barat
 Hama Lembing Batu Serang Tanaman Padi di Cibandung, Pagaden Barat.

Saat ini pesawahan di Cibandung diserang hama lembing batu, ulat penggulung daun. Agar tidak meluas, saat ini pencegahan sedang kami lakukan di areal sawah. Pencegahan yang sedang kami lakukan saat ini, diharapkan membuahkan hasil, sehingga seluruh tanaman padi kami bebas dari serangan hama itu,” 

Hama Lembing Batu pada tanaman padi admin di sawah cibandung.
Hama Lembing Batu pada tanaman padi admin di sawah cibandung.
 


Baca juga : Serangan hama ulat pelipat daun mengganas di persawahan Cibandung, Subang


Hama lembing batu itu lebih berbahaya ketimbang hama wereng coklat. Sebab jika sudah menyerang, semua tanaman padi langsung kering.... Ih ngeriiii.

“Kami meminta dinas terkait agar memantau pesawahan yang ada di desa kami... Tindakan dan pestisida apa yang harus kami gunakan Sebab panen padi tahun lalu di desa kami juga menurun, akibat serangan hama”.
Share:

Dilarang tidur telungkup kalau dirumah atau bangunan yang tak berlangit - langit

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Dilarang Tidur telungkup kalau dirumah atau bangunan yang tak berlangit - langit

Kakek saya pernah melarang kalau di rumah atau bangunan yang tak berlangit - langit tidur telungkup, terus saya tanya ke kakek saya ntu, Eh, jawabannya ini bagus sekali. Kalau tidur atau pun tiduran secara telentang.. Ingat bukan tang yang ditelen ya... Tapi posisi tidur telentang yaitu posisi dimana tubuh dan kepala kita menghadap ke atas. 

Dilarang tidur telungkup kalau dirumah atau bangunan yang tak berlangit - langit
Dilarang tidur telungkup kalau dirumah atau bangunan yang tak berlangit - langit


Nah, terus apa keuntungan atau manfaat tidur menghadap keatas di bangunan yang tak mempunyai langit - langit itu?. Ya, karena kita akan dituntut untuk menghitung rangka bangunan tersebut dari mulai jumlah genteng, reng, kaso - kaso atau usuk, kuda - kuda, pemikul kontruksi dan lain sebagainya.... Jadi apabila nanti kita ingin membangun bangunan selebar itu kita sudah tau apa dan jumlah kebutuhan material tersebut

Bangunan bale mertua didepan rumah admin...
Bangunan bale mertua didepan rumah admin... bangunan ini tak mempunyai langit - langit atau para...



Dulu, saya menganggap ini hanyalah mitos, tetapi ini secara tidak langsung merupakan bekal dan ilmu... Terimakasih kakek....
Share:

Apotek Mitra Medika, Bendungan, Pagaden Barat, Subang

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Apotek Mitra Medika, Bendungan, Pagaden Barat, Subang.

Apotek Mitra Medika ini buka 24 jam, lokasi sekitar 100 Mtr dari Kantor kecamatan Pagaden Barat, 50 Mtr dari Kantor Desa Bendungan. 1 Km dari rumah admin.. Apotek Mitra Medika ini bisa ditempuh 11 menit dengan berjalan kaki dari rumah admin.

Apotek Mitra Medika, Bendungan, Pagaden Barat, SubangApotek Mitra Medika, Bendungan, Pagaden Barat, Subang

 
Nama Apotek: Apotek Mitra Medika
Alamat: Jl. Raya Bendungan, Pagaden Barat
Kota: Kab. Subang
Provinsi: Jawa Barat
Share:

Pembayaran Google Adsense Bulan November 2015.

Sampurasun ...

Pembayaran Google Adsense Bulan November 2015.

MANGYONO.com - Ngeblog yang dibayar itu mengasyikan. Setiap cerita atau tulisan yang kita catat dalam sebuah blog dan ternyata tulisan tersebut dibaca banyak orang, maka blog kita bisa di bayar Google apabila menjadi publisher Google Adsense (Periklanan Google). Baca Postingan tentang Google Adsense 

Ini adalah Pembayaran Google Adsense Bulan November 2015. Pembayaran menggunakan ransfer otomatis kerekening Bank


Pembayaran Google Adsense Bulan November 2015.
 Pembayaran Google Adsense Bulan November 2015.



Baca juga pembayaran bualanan Google Adsense saya dari tahun 2014 sampai dengan tahun ini:
Pembayaran Google Adsense tahun 2014 
Gaji Pertama Dari Google Adsense Bulan Mei 2014
Pembayaran Google Adsense Bulan Juni 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan Juli 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan Agustus 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan September 2014.
Pembayaran Google Adsense Bulan Oktober 2014.
Mencairkan Google Adsense Bulan November 2014
Mencairkan Google Adsense Bulan Desember 2014

Pembayaran Google Adsense tahun 2015
Pembayaran Google Adsense Bulan Juli 2017
Pembayaran Google Adsense Bulan Agustus 2017
Share:

Seorang kuli bangunan yang sukses menjadi pemborong

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com -  Seorang kuli bangunan yang sukses menjadi pemborong.

Namanya Yono, dia adalah seorang desa yang hidup sangat sederhana atau lebih tepatnya kurang mampu dia tinggal bersama kakek dan neneknya. Di masa mudanya biasa hidup keras dan berat, untuk mencukupi kebutuhan sehari - harinya saja dia masih belum mampu, apalagi untuk mempunyai seorang Istri.... Membangun rumah tangga masih jauh di pikirannya cin... Ingin sih - ingin mempunyai seorang istri, tapi mau dikasih makan apa cin...

Ilustrasi seorang kuli bangunan yang sukses menjadi pemborong.
Ilustrasi seorang kuli bangunan yang sukses menjadi pemborong. Foto jepretan admin di sungai Ciasem Bendungan Macan, Pagaden Barat, Subang 


Baca juga :   
Cerita Orang desa mengadu nasib di Jakarta
Cerita Orang Desa Mengadu Nasib Di Jakarta (2)



Karena keadaan di kampung yang tidak kunjung membaik, maka dia memutuskan pergi ke kota mengikuti saudaranya untuk bekerja sebagai kuli bangunan. Di sana dia digaji kecil, namun karena terpaksa dengan keadaan maka dia terpaksa menerima keadaannya saat itu, dia ikhlas menerima gaji yang kecil. 

Dalam keadaan menjadi kuli tersebut, dia mulai sedikit demi sedikit belajar menjadi seorang tukang, karena rajin maka dia naik jabatan dengan menyandang jabatan tukang di tempat kerjanya, Waktu berlalu dan banyak pengalaman yang dia dapatkan, setelah mahir menjadi seorang tukang, dia lantas mulai belajar menjadi seorang pemborong kecil - kecilan, dia mulai memperkirakan berbagai harga bahan bangunan dan kisaran keuntungan yang didapatkan, sambil bekerja sambil memborong.

Berbekal pengalaman sewaktu di perantauan, Yono memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya, dia kemudian mempraktekkan semua pengalaman yang didapat saat bekerja menjadi kuli, namun sekarang dia tidak mau menjadi kuli lagi, dia memilih untuk mencoba peruntungannya menjadi seorang pemborong. Mulai dari tetangga yang meminta bantuannya untuk membangun rumah, lama kelamaan dia mulai dikenal dan dipercaya, sejak saat itu dia mulai banyak mendapatkan tawaran untuk memborong bangunan penahan longsor, turap atau jembatan ... Ketika ada orang yang akan membangun sebuah rumah atau bangunan pun dia terima, kehidupannya mulai berubah saat itu.

Berkat kesabaran dan sifat ingin tahu sewaktu bekerja sebagai kuli bangunan dulu, kini dia menjadi seorang pemborong yang cukup sukses di kampungnya, kini dia sudah menikah dengan seorang wanita berparas cantik, memiliki beberapa motor, mobil, rumah yang megah, dan usaha yang terus berkembang. Dia adalah sosok yang pendiam dan rendah hati, tidak sombong dan angkuh tapi suka menabung, dia adalah orang yang baik dan mudah bergaul.

Memang nyatanya seorang sukses tidak mendapatkan awal yang baik, terkadang pengalaman pahit getirnya kehidupan pun di taklukan.... 


Dari kejauhan terdengar suara adzan Shubuh.... Alhamdulillah, walau belum sukses seperti mimpi tadi ... Walau mimpi hanyalah bunga tidur, tapi senengnya sampai terasa ... hehehe... Mudah - mudahan saja mimpi tersebut menjadi kenyataan .... 

Itulah mimpi Mang Yono tentang kuli bangunan yang sukses menjadi seorang pemborong, semoga dari kisah mimpi Mang Yono tersebut ada sebuah manfaat yang didapatkan.
Share:

Sedapnya tumis cabe ijo bikin ketagihan

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Sedapnya tumis cabe ijo bikin ketagihan.

Karen kandungan capsaicin dalam cabai memang ampuh membuat nafsu makan jadi meningkat. Nggak jarang - jarang sampai ada yang kalap dan “kecanduan” dengan masakan cabe, terutama tumis cabe ijo yang nikmat dan super hot. Baca Tumis cabe hijau menggugah selera dan bikin hot - hot

Makan dengan tumis cabe ijo walau gak ada ikan tetap enak dan nikmat... Bahkan satu rantang pun admin sanggup menghabiskan ... "Mitoha liwat hareupeun oge moal ditawaran ... hihi ". Mertua lewat pun gak ditanya, karena saking nikmatnya makan tumis cabe ijo

Sedapnya tumis cabe ijo bikin ketagihan
 Sedapnya tumis cabe ijo bikin ketagihan

Namun, tanpa kita sadari, makan pedas juga membuat penampilanmu jadi amburadul. Alih-alih duduk dengan tenang dan elegan, keringat justru bercucuran, mengap-megap, kepanasan..... Hehehe.  

 
Mengkonsumsi tumis cabe ijo bukan hanya bikin ketagihan, tapi juga bisa membakar kalori. Makanya, makan tumis cabe ijo justru bisa membuatmu banyak mengeluarkan keringat.


Nikmat lain dari mengkonsumsi makanan tumis cabe ijo adalah membakar kalori tubuh yang cukup besar. Sehingga berkeringat adalah hal yang wajar di rasakan. Nah, sebaiknya kita sediakan tissue untuk mengelap keringat, kipas juga ampuh untuk mengatasinya agar tak gerah. Mungkin bisa memilih posisi yang dekat dengan kipas angin. Dengan begini, kamu masih bisa tampil maksimal tanpa harus bercucuran keringat dan kegerahan.... Iya khan ?.

Share:

Tumis cabe hijau menggugah selera dan bikin hot - hot

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Tumis cabe hijau menggugah selera dan bikin hot - hot.

Menu resep tumis cabe hijau, merupakan pilihan menu penggugah selera dan dapat anda coba ini bikin hot - hot tapi nikmat dan sedap. Tumis cabe hijau besar atau pun cabai keriting menurut saya sama saja 

Inilah tumis cabe hijau menggugah selera dan bikin hot - hot
Inilah tumis cabe hijau menggugah selera dan bikin hot - hot



Bahan dan bumbu
  • Cabe hijau besar atau keriting secukupnya.
  • 400 mil air
  • 3 Sendok makan kecap manis 
  • 1/2 Sendok teh kaldu bubuk
  • 1/2 Sendok teh garam
  • Minyak untuk menumis

Bumbu iris
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buahr tomat
  • 2 cm lengkuas
Cara membuatnya
  • Cuci bersih cabai hijau, belah menjadi dua bagian, sisihkan
  • Panaskan minyak, tumis bumbu iris hingga harum, tambahkan air masukan irisan cabai hijau masak sampai mendidih tambahkan garam, kaldu bubuk
  • Masukan kecap manis aduk rata, tunggu sampai air menyusut, matikan api angkat tumis dan hidangkan.... 

Share:

Vidio : Pemangkasan bonsai Serut menggunakan pisau

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Vidio : Pemangkasan bonsai Serut menggunakan pisau

Awal menanam pohon serut saya ini, banyak sekali tetangga yang melihat dan menonton, karena saya menanam pohon serut di pot sambil pegang kamera, mungkin tetangga saya itu pengen difoto dan masuk ke Blog Mang Yono juga ya ..... hehehe.


Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper) itu sama dengan menanam bonsai - bonsai lain atau bunga lainnya... Begitu juga dengan perawatannya dan lilitan kawat pada batang sesuai bentuk yang diinginkan  

Katanya lilitan ini jangan dilepaskan  6 - 9 bulan. Katanya juga kunci keberhasilan pembentukan bonsai terletak pada keahlian dan tingkat kesabaran dalam mengurus bonsaiitu sendiri.

Nah, setiap bulannya saya selalu melakukan pangkas ranting dan daun yang tak beraturan dan pemeliharaan terhadap pohon serut ini, maksud dari pemangkasan pemeliharaan lebih ditujukan untuk memeliharan kesehatan tanaman secara keseluruhan .... 

Vidio : Pemangkasan bonsai Serut menggunakan pisau
  Vidio : Pemangkasan bonsai Serut menggunakan pisau


Baca juga :   
Cara mengambil bakalan bonsai Serut (streblus asper) dari alam bebas 
Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper) 
Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4 
Cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung  
Cara Mengkerdilkan Bonsai Serut - Streblus Asper 
Cara membentuk bonsai serut bagi pemula 
Pohon serut di taman mungil saya



Pemangkasan itu tidak mesti memakai gunting... Tak ada rotan akar pun jadi ... Tak ada gunting pisau pun bisa digunakan menggantikan gunting untuk memangkas ranting dan cabang yang tak beraturan ...

Nah biar lebih jelasnya silahkan lihat vidio DISINI atau di bawah ini 

Share:

Vidio : Pemangkasan bonsai Asem Jawa menggunakan pisau

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Vidio : Pemangkasan bonsai Asem Jawa menggunakan pisau

Bonsai Asem Jawa saya ini umurnya sekitar 20 tahunan lebih, Awalnya dari semai biji pada waktu saya masih sekolah STM, sekitar tahun 1994, berarti tanaman Asem Jawa saya dah lama juga ya?.  

Nah, setiap bulannya saya selalu melakukan pangkas ranting dan daun yang tak beraturan dan pemeliharaan terhadap pohon asem jawa ini, maksud dari pemangkasan pemeliharaan lebih ditujukan untuk memeliharan kesehatan tanaman secara keseluruhan dengan melakukan pemangkasan .... 

Vidio : Pemangkasan bonsai Asem Jawa menggunakan pisau
 Vidio : Pemangkasan bonsai Asem Jawa menggunakan pisau


Baca juga : Pemangkasan pemeliharaan pada bonsai asem jawa



Pemangkasan itu tidak mesti memakai gunting... Tak ada rotan akar pun jadi ... Tak ada gunting pisau pun bisa digunakan menggantikan gunting untuk memangkas ranting dan cabang yang tak beraturan ...


........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau di vidio dibawah ini
...
...
Share:

Padi bunting pada usia 43 - 45 hari setelah tanam

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Padi bunting pada usia 43 - 45 hari setelah tanam

Fase ini biasa disebut fase bunting biasanya bunting muda atau Primordia terjadi pada tanaman pada usia 43-45HST. Nah pada usia ini, ibarat ibu hamil... tanaman padi juga memerlukan asupan makanan ekstra, sebaiknya melakukan pemupukan dilakukan pada usia 40 HST yaitu NPK 5kg (jangan pakai urea) dicampur dengan SP 36 21kg dan KCL 7 kg.

Padi bunting pada usia 43 - 45 hari setelah tanam
Padi bunting pada usia 43 - 45 hari setelah tanam



Seperti biasa tiga hari setelah pemupukan maka selanjutnya melakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida dan ZPT dengan tujuan merangsang pertumbuhan malai pada anakan produktif, karena diharapkan semua anakan produktif bisa menghasilkan malai yang baik.

Share:

Manggar, Belitung Timur, Kota 1001 Warung Kopi.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Manggar, Belitung Timur, Kota Seribu Satu Warung Kopi Manggar Belitung Timur . 

Daerah berjuluk 'Negeri Sejuta Pelangi' ini memang tenar bertaburan warung kopi. Salah satunya di kawasan Manggar. Gelas-gelas berisi air hitam beraoma khas menghiasi meja kayu.

Waktu saya kuli di Belitung Timur tepatnya di Gunung Nayo.. waktu itu di Pabrik pasirnya Pak Ahok, Sebelum jadi Gubernur DKI Jakarta. Nah, saat kami pulang keluar malam ke daerah Manggar, ternyata banyak warung kopi. 

Menurut saya Belitung ini bukan penghasil kopi. Tapi masyarakatnya hobi ngopi.

Menikmati kopi di warung merupakan tradisi masyarakat setempat. Kehadirannya menciptakan daya tarik wisatawan. Tentu tak berlebihan kawasan Manggar, ibukota Belitung Timur, menyandang jargon '1001 Warung Kopi'. Jejak historinya ditandai dengan pembangunan tugu berwujud teko dan cangkir.

Manggar, Belitung Timur, Kota 1001 Warung Kopi.
  Manggar, Belitung Timur, Kota 1001 Warung Kopi.

Belinya satu gelas kopi, tapi nongkrong sambil ngobrol di warungnya bisa dua jam. Jadi bukan hanya soal rasa kopinya, terpenting interaksi dengan teman, kolega dan orang lain.

Padahal sesuai yang admin tanya ke pemilik warung hampir seluruh kopi yang ada disini di datangkan dari dari Lampung. 


Kopi yang disiapkan para pemilik warung kopi di Belitung Timur ini disajikan dengan cara direbus dalam panci, bubuk kopinya sengaja dimasukkan ke saringan agar ampas terpisah. kopi akan dipanaskan, lalu disajikan ke dalam gelas. Rasanya memang lebih mantap.

Rata - rata warung kopi di daerah Manggar beroperasi mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 00.00 WIB, 
 

Di dalam warung kopi inilah kita bisa melihat semua perbedaan melebur menjadi satu dalam secangkir kopi. Tak ada lagi istilah Pribumi, Melayu, atau Tiong Hoa, didalam warung kopi mereka berkumpul, berbincang bahkan bersenda gurau. Selama perjalananku di Belitung, nggak pernah tuh menemukan ada pemisahan atau diskriminasi ras, sepertinya mereka hidup rukun dan damai. Pernikahan beda suku pun sudah menjadi hal yang biasa disini. Semoga kerukunan ini bisa bertahan selamanya bahkan kalau perlu di contoh sama kota-kota lain yang masih sering bentrok antar warga dan suku. 

Nah di kota Manggar ini kopi punya sebutan khusus. Kalau kita mau memesan kopi hitam tinggal sebut aja kita ingin segelas kopi O, kalau kita ingin kopi susu maka katakan kopi, gitu. ;) Untuk kopi susu sendiri dibuat dengan campuran susu kental manis, gula, dan bubuk kopi. 

Nggak afdol rasanya ke Belitung kalo nggak nyobain kopi Manggar yang kondang ke pelosok negeri ini. ;) ... Cobain deh ah...


Share:

Bagi warga Subang agar hati - hati saat naik angkot..

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Bagi warga Subang agar hati - hati saat naik angkot..

Jangan lupa share biar ngga kejadian lagi ke teman kita ....

Ada angkot Kalijati - Subang misterius, jangan sampai kejadian tersebut terulang pada diri anda/saudara anda, kekasih anda, adik anda atau tetangga anda.
 

Tepatnya pada malam Jumat ini kira-kira bada maghrib, ada seorang pelajar perempuan naik angkot.

Bagi warga Subang agar hati - hati saat naik angkot..
 Bagi warga Subang agar hati - hati saat naik angkot..

Di dalam angkot cuma ada dirinya, tanpa ada penumpang lain. Tidak biasanya hari itu sangat sepi. Karena tidak ada penumpang lain dan sudah ngetem agak lama, kemudian angkot berangkat.

Saking capeknya pelajar itu mengantuk dan tertidur di dalam angkot. Tepat di jalan yang sepi di antara perkebunan karet, pelajar itu terbangun.
 

Ada yang aneh, merasa angkot berjalan sangat pelan, dia langsung melirik ke arah sopir, betapa kagetnya saat dia melihat ke depan, angkot berjalan tetapi tidak ada sopirnya...

Tanpa menunggu lama pelajar tersebut langsung menjerit :
 

"Tolooong..... tooolooong.... tolooooongg"

Pelajar tersebut langsung memalingkan kepalanya ke arah jendela dan membukanya, dia bermaksud minta pertolongan, siapa tahu ada yang lewat. Saat mengeluarkan kepalanya, pelajar tersebut bertambah kaget, karena ada kepala yg nongol di belakang sambil ngomong: 


"ULAH JEJERITAN WAE NENG, BANTUAN NGADORONG. ANGKOTNA MOGOK "


( Jangan berteriak saja Neng, Bantuin mendorong, Angkotnya Mogok )
Share:

Pemancingan BANYU SAGHARA, Pagaden Barat, Subang

Pemancingan BANYU SAGHARA, Pagaden Barat, Subang

Selamat datang di Pemancingan BANYU SAGHARA Pagaden Barat, Subang

Memancing merupakan aktifitas yang mampu meredusir rasa jenuh, stres, atau bahkan booring yang disebabkan karena rutinitas keseharian yang padat dan cenderung membosankan. 

Pemancingan BANYU SAGHARA, Pagaden Barat, Subang
 Pemancingan BANYU SAGHARA, Pagaden Barat, Subang


Lokasi :
Jl. Raya Cidahu Bendunga (pertigaan SELUD). Kamp. Gardu Bendungan, Kec. Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Phone : 085316527902

Nah, memancing, diakui banyak orang bisa menjadi obat untuk merefesh kembali fikiran sebelum akhirnya terjun lagi ke rutinitas semula. Pendeknya, dengan memancing pikiran Kita akan dibawa melintasi ruang bawah sadar yang penuh dengan nuansa keindahan dan jauh dari segala rupa persoalan hidup.... Dan lupa hutang .. Hehehe.

Lobi Kolam Pancing BANYU SAGHARA
Lobi Kolam Pancing BANYU SAGHARA

Nah, salah satu lokasi pemancingan yang bisa Anda pilih itu adalah di Kolam pemancingan BANYU SAGHARA, Pagaden Barat, Subang yag letaknya persis di dekat pertigaan SELUD atau dekat Bendungan Macan di perbatasan antara Kecamatan Pagaden Barat dan Kecamatan Cikaum.




Tempat nyantai kolam pemancingan BANYU SAGHARA.
Tempat nyantai kolam pemancingan BANYU SAGHARA.
...


Kantin kolam pancing BANYU SAGHARA
 Kantin kolam pancing BANYU SAGHARA
...
 Kantin kolam pemancingan BANYU SAGHARA
 Kantin kolam pemancingan BANYU SAGHARA
...
.
Tempat karoke kolam pancing BANYU SAGHARA
 Tempat karoke kolam pancing BANYU SAGHARA
...
Tempat jual ikan mas kiloan
 Tempat jual ikan mas kiloan kolam pemancingan BANYU SAGHARA
...




Lokasi :
Jl. Raya Cidahu Bendunga (pertigaan SELUD). Kamp. Gardu Bendungan, Kec. Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Phone : 085316527902
Share:

Kutu Mayang, Ranginang dan Opak itu apa dan terbuat dari apa ?.

Sampurasun ... Rampes. 

MANGYONO.com - Ranginang, Kutu Mayang dan Opak itu apa dan terbuat dari apa ?. 

Kutu Mayang atau biasa disebut juga dengan nama Rangining adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tapioka. Dan bisa ditambahkan dengan mencampurkan terasi. Adonan tepung beras dengan tapioka ini pertama-tama dicetak membentuk seperti lingkaran, kemudian dikukus dan dijemur hingga kering. Setelah kering Kutu mayang atau Rangining baru bisa digoreng.

Dari atas kebawah.. Kutu Mayang / Rangining, Ranginang, Opak. Foto by Teh Gemini Tea
Dari atas kebawah.. Kutu Mayang / Rangining, Ranginang, Opak. Foto by Teh Gemini Tea



Nah, untuk rasa Kutu Mayang atau Rangining ini rasanya renyah, asin, seperti ranginang. Rangining bisa digunakan sebagai teman nasi juga loh.

Raginang adalah makanan khas yang terbuat dari beras ketan yang dikukus dengan rempah tertentu dan ditempelkan satu sama lainnya.. Atau istilah sundanya mah entep remeh .. Hehehe.... Biasanya dicetak dengan bentuk bulat atau lonjong.  Selanjutnya dikeringkan/dijemur kemudian digoreng. Selain rasa yang original baik asin maupun manis sekarang sudah tersedia raginang dengan berbagai rasa seperti keju, pedas, dan rasa lainnya. 
 
Ranginang pun termasuk cemilan kategori 'kerupuk' karena rasanya yang kriuk - kriuk.
  
Opak adalah salah satu cemilan populer di kalangan masyarakat Sunda. Dengan bahan utama beras ketan, opak mengandung banyak karbohidrat. Opak bisa dikategorikan sebagai 'kerupuk'. Namun, pembuatannya berbeda dengan kerupuk pada umumnya. Opak dimasak dengan dibakar di atas bara api atau pun digoreng.


Hal paling dikhawatirkan adalah cuaca mendung apalagi hujan karena tidak bisa menjemur Kutu Mayang, Ranginang atau Opak.
 
Kutu Mayang, Ranginang atau Opak membutuhkan panas matahari sampai tiga hari. 

"Kalau tak ada sinar matahari bisa dimasukkan ke oven, namun biaya produksi akan mahal."
Share:

Cara agar anak ayam kampung cepat tumbuh besar

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara agar anak ayam kampung cepat tumbuh besar 

Cara ini sesuai dengan yang saya tanya - tanya ke tukang budidaya ayam kampung.... Mungkin saja caranya setiap peternak ayam berbeda - beda tapi itulah keindahannya... Berbeda itu indah... Hehhehe ... Ah daripada ngelantur mending lanjutkan saja ya...Baca Cara memisahkan anak ayam kampung dari induknya

Langkah pertama .... Anak ayam umur 0 - 25 hari.  Pada umur ini jangan lupa, beri lampu/penerangan, selain supaya hangat juga bisa makan di malam hari.  Dan juga air minum diberi rebusan sayuran, contoh daun pepaya untuk menjaga kesehatan tubuh si anak ayam, anti cacing dan menjaga nafsu makan.

Cara agar anak ayam kampung cepat tumbuh besar
Cara agar anak ayam kampung cepat tumbuh besar 

Selanjutnya.... Anak ayam umur 25 hr - 2 bulan . Beri pakan jagung giling halus, dedak padi halus.  Pada umur ini lampu sudah bisa dikurangi secara bertahap.

Baca juga :  
Cara memelihara dan memisahkan Anak ayam dari Induknya
Ayam bertelur di taman depan rumah
Anak saya dan Ayam kampung
Proses menetasnya telur ayam dengan indukan
Proses pengeraman telur secara normal


 Anak ayam umur 2 Minggu.. masih menggunakan pakan pur.

Anak ayam umur 2 bulan keatas. Beri konsentrat daging, jagung, dedak padi, sayuran.  Atau konsentrat bisa diganti tepung ikan/amis-amisan. Untuk pemberian sayuran pada ayam harus dirajang atau diiris-iris dulu, kemudian kalau bisa direbus atau langsung dicampur ke ransum. 

Share:

Di Sendang Beji Wanita Mandi Akan Tampak Cantik.

Di Sendang Beji Wanita Mandi Niscaya Akan Tampak Cantik.

Berbicara masalah hal-hal yang berbau mistik yang ada di Indonesia tentunya banyak sekali ragamnya. Bukan saja hanya dimiliki dari pedesaan namun juga di kota-kota besar. Entah itu mulai dari hal-hal yang masuk akal atau hanya sekedar dongeng atau juga mitos.

Tak bisa dipungkiri, walaupun zaman sudah serba canggih di era modern seperti sekarang ini. Namun nyatanya masih banyak kalangan masyarakat yang mempercayainya. Mungkin hal tersebut dikarenakan, cerita yang sudah terlanjur berkembang dan beredar dikalangan masyarakat sudah terjadi turun temurun sejak dahulu kala. Dan tentunya, setiap daerah atau desa mempunyai rangkaian peristiwa mistik atau mitos tersendiri.

FOTO 1. Tempat mata air yang ditutup gong emas (tampak luar)
FOTO 1. Tempat mata air yang ditutup gong emas (tampak luar). Foto by Kangjum

Salah satu mitos yang mungkin belum banyak ketahui orang adalah tempat pemandian umum atau sendang yang ada di beji yang tepatnya di
Sendang Beji, Desa/Kelurahan Beji, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Jangankan mengetahui, mendengarnya saja masih terasa asing dan belum tahu keberadaannya. Mungkin karena tempatnya yang memang jauh dari keramaian kota.

FOTO 2. Tempat mata air yang ditutup gong emas (tampak dalam)
FOTO 2. Tempat mata air yang ditutup gong emas (tampak dalam). Foto by Kangjum


Konon, cerita dari para sesepuh terdahulu, bahwa, dulunya ada mata air ? yang mana, bila mata air tersebut tidak di tutup gong emas oleh Kanjeng Sunan Kalijaga, desa Beji sudah menjadi danau. Terlepas benar atau tidaknya, saya juga kurang paham. Tapi sebelum menulis artikel ini, saya juga menyempatkan bertanya lagi kepada orang tua terdahulu untuk memperkuat isi artikel. Walaupun dalam kenyataannya, pertanyaan yang saya ajukan ada sedikit perbedaan dalam ceritanya, namun inti dari cerita yang dimaksud tetap sama yaitu mata air yang ditutup gong emas oleh Kanjeng Sunan Kalijaga.

FOTO 3. Tempat pemandian tampak dari luar dan di foto dari arah utara
FOTO 3. Tempat pemandian tampak dari luar dan di foto dari arah utara.
Foto by Kangjum

Tempat pemandian umum ini bukan saja hanya sekedar mitos bagi saya dan diantara beberapa  teman tapi juga mengandung aura mistik. Hal tersebut sebenarnya sudah lama terjadi yakni saat kami mengambil gambar atau foto dekat salah satu pohon. Dan ada keanehan yang terjadi pada foto tersebut yakni ada bayangan wanita dengan kain warna putih dan gambar kami berenam tak terlihat, yang terlihat hanya pohonnya saja.



FOTO 4. Tempat pemandian tampak dari dalam dan di foto dari arah timur
FOTO 4. Tempat pemandian tampak dari dalam dan di foto dari arah timur. Foto by Kangjum

Terlepas dari cerita mistik tersebut, ada  mitos yang mengatakan, bahwasanya, jika ada wanita yang mandi ditempat pemandian tersebut auranya akan keluar dan tampak terlihat cantik. Banyak yang mengkaitkan itu karena magic dari mata air pemandian yang tak pernah surut.




Penulis     : Kangjum  
Alamat     : Jl. Beji Andong Boyolali  
Blog         : cah-beji.com  
Facebook  : cah-beji,com  
Google+   : nandira aluna kusuma

********* 
"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)." 
Share: