Skip to main content

Petani menunggu sawahnya dari pagi sampai sore

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Petani menunggu sawahnya dari pagi sampai sore

Sungguh kasihan nasib para petani di bantaran sungai Ciasem, Dusun Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, atau biasa disebut juga di sawah Cibandung ini. Padinya yang mulai berisi hampir setiap hari di datangi ribuan burung pipit. Jika tidak di jaga oleh pemilik sawah akan habis dimakan burung pipit.

Berbagai usaha telah di lakukan oleh para petani di Cibandung ini, diantaranya dari membuat orang-orangan sawah, sampai dengan alat pengusir burung yang terbuat dari tali atau kokoprak dari bambu yang di tarik ketika burung itu turun ke lokasi sawah.

Petani menunggu sawahnya dari pagi sampai sore
 Petani menunggu sawahnya dari pagi sampai sore


Yang saya lihat dan saya rasakan memang benar kenyataan dan aneh, burung-burung tersebut seolah-olah cuek bebek dengan adanya alat pengusir burung. Nah, kalau didekati baru burung itu pergi, tapi perginya pun tidak jauh - jauh amat paling cuma 1 meter dan makan padi lagi disitu.... Bikin kesel deh ah.

Jika burung pemakan padi tersebut dibiarkan, mungkin para petani akan gagal panen.

Jadinya... Untuk mengantisipasi para petani menunggu sawahnya dari pagi sampai sore jelang magrib secara bergantian dengan anggota keluarganya.... Bahkan anak saya yang kecil pun tiap hari dibawa ke sawah ...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar