Skip to main content

Cara aplikasi dan dosis pupuk untuk tanaman padi.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara aplikasi dan dosis pupuk untuk tanaman padi.

Saya mengharapkan dari usaha tani yang hasil panen menguntungkan. Tapi bila kita sebagai petani mempersiapkan “makanan” bagi tanaman kita seadanya. Wajar saja, bila hasil yang kita dapatkan pun seadanya juga.

Menurut yang saya dapat dari pelajaran Biologi waktu sekolah SD, tanaman butuh makanan, termasuk tanaman padi. Dengan makanan yang cukup, maka perkembangan tanaman padi akan tumbuh dengan baik.


Cara aplikasi dan dosis pupuk untuk tanaman padi.
Cara aplikasi dan dosis pupuk untuk tanaman padi. jepretan admin di sawah admin di blok tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang.
 
Apabila kita memberikan “makanan” terbaik bagi tanaman padi. Maka tanaman padi pun akan mengeluarkan hasil terbaiknya buat kita..... Betul tidak ?.

Untuk tanaman padi, pola pemupukannya ( aplikasi pupuk kimia ) dibagi dalam 3 tahap pemberian. Pada tulisan sebelumnya saya sudah menjelaskan di postingan Kapan tanaman padi dipupuk ?.


Pupuk kimia untuk tanaman padi: Urea TSP, KCL
Pupuk kimia untuk tanaman padi: Urea TSP, KCL dicampur sesuai dosis yang diperlukan untuk tanaman padi dan sesuai umur padi.


i. Pupuk dasar/pertama pemupukan sekitar 10 hst ( hari setelah tanam ) : 50 kg Urea + 50 kg TSP + 40  kg KCL
Tanaman padi umur 10 hst, dilakukan Pupuk dasar/pertama.
Tanaman padi umur 10 hst, dilakukan Pupuk dasar/pertama. Foto jepretan admin di sawah admin di blok tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang.

ii. Pemupukan ke-2
pemupukan sekitar pekan ke 3 atau 21 hst ( hari setelah tanam )  : 100 kg Urea + 50 kg TSP + 35 kg KCL


Pemupukan ke-2 pemupukan sekitar pekan ke 3 atau 21 hst
Pemupukan ke-2 pemupukan sekitar pekan ke 3 atau 21 hst. Foto jepretan admin di sawah blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang.
 
iii. Pemupukan ke-3
pemupukan sekitar pekan ke 5 atau sekitar 35 hst ( Hari setelah tanam ) : 50-100 kg Urea


Pemupukan sebaiknya kondisi air di sawah dalam keadaan macak-macak. Dan sebaiknya sehabis dilakukan pemupukan, dilakukan proses penginjakan. 

Disamping menggunakan pupuk kimia, alangkan baiknya bila petani juga menggunakan/melakukan penyemprotan pupuk hayati/POC/MOL. Minimal diberikan 3 kali penyemprotan. Waktunya sekitar 15 hst, 30, 70 hst

Tapi saya kadang memperhatikan yang sering dilakukan oleh sebagian para petani agak berbeda. Mereka melakukan pemupukan sekitar 2 kali saja, bahkan cuma 1 x saja.

Apakah ini salah Mang? ....  Tidak salah sih.... Soal pemupukan terserah para petani saja. Cuma bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya melakukan hal yang terbaik.... Betul Tidak ?.

Terus kapan waktunya kalau mau melakukan pemupukan hanya 2 kali saja, mang? kapan dan dosisnya bagaimana?. Oke siip.

Menurut saya, sebaiknya diberikan, untuk tahap awal sekitar 15-20 hst dan untuk tahap ke dua sekitar 35-40 hst
Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan pelajaran bagi kita semua, khususnya bagi para petani Subang. Dan umumnya para petani di mana pun berada.... Selamat bertani...


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar