logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kapan tanaman padi dipupuk ?.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Kapan tanaman padi dipupuk ?.

Saya sering mendapatkan pertanyaan via email dan contac us dari sahabat pembaca mengenai ... Kapan tanaman padi dipupuk ?. Baca Cara pemupukan tanaman padi dengan pupuk buatan / kimia

Nah, untuk mengetahui pemupukan bagi tanaman padi, kita harus mengetahui umur tanaman padi terlebih dahulu. Sekarang ini banyak varietas padi yang dilepas pemerintah. Contohnya ... Ciherang dan IR 64 umumnya berumur 115-125 hari.

Kapan tanaman padi dipupuk ?.

Kalau saya pribadi, untuk menentukan kapan tanaman padi dipupuk. Saya ambil contoh padi ciherang yang berumur 115 – 125 hari.

Pemupukan pertama yaitu ...
10 hari setelah bibit di pindah dari pembenihan / penyemaian atau ditandur disawah, karena bibit perlu waktu sekitar  10 hari setelah tanam untuk dapat memperkokoh perakaran. Saat inilah, sebaiknya pemupukan pertama dilakukan. Sebab pada saat itu daun dan akar tanaman padi sudah mulai berkembang. Pemupukan sebaiknya saat kondisi air lagi macak-macak. Dengan demikian akan maksimal menyerap unsur hara.... Catet .. heheheh

Pemupukan pertama yaitu ... 10 hari setelah bibit di pindah dari pembenihan / penyemaian atau ditandur disawah
Pemupukan pertama yaitu ... 10 hari setelah bibit di pindah dari pembenihan / penyemaian atau ditandur disawah

Baca : Cara mencampur pupuk yang tepat untuk tanaman padi

Untuk Pemupukan selanjutnya atau pemupukan ke 2 diberikan sekitar pekan ke 3  atau sekitar 21 hst  dilakukan setelah para petani melakukan pengoyosan, ngarambet atau ngagurul. Sewaktu ngagurul atau ngarambet dilakukan maka akar tanaman padi akan putus. Dengan putusnya akar, tanaman akan membentuk anakan baru.  Pada kondisi seperti ini, tanaman dapat maksimal penyerap unsur hara yang diberikan. Dengan demikian, tanaman padi akan menghasilkan jumlah anakan yang maksimal. Baca
Cara memperbanyak anakan tanaman padi

Pemupukan selanjutnya atau pemupukan ke 2 diberikan sekitar pekan ke 3  atau sekitar 21 hst
Pemupukan selanjutnya atau pemupukan ke 2 diberikan sekitar pekan ke 3  atau sekitar 21 hst  dilakukan setelah para petani melakukan pengoyosan, ngarambet atau ngagurul.

 
Pemupukan ke 3. Diberikan sekitar umur tanaman mencapai pekan ke 5 atau sekitar 35 hst. Dalam kondisi ini tanaman sedang membutuhkan nutrisi yang tinggi. Hal ini ditandai dengan keluarnya daun bendera atau padi bunting. Artinya malai padi akan segera keluar. Pada umur tersebut adalah saat yang tepat pemupukan tahap ke 3 diberikan. 

Pemupukan ke 3. Diberikan sekitar umur tanaman mencapai pekan ke 5
 Pemupukan ke 3. Diberikan sekitar umur tanaman mencapai pekan ke 5
atau sekitar 35 hst

Itu pemupukan tanaman padi sesuai pengalaman keluarga saya ... semoga bermanfaat


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

jadi, tidak asal main pupuk ajha ya mang dan harus melalui prosedur juga ya. maklum mang, tahunya hanya makan nya doang :)

Balas

nandira aluna kusuma bodoh

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger