Ingin menanam jagung unyil

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Ingin menanam jagung unyil

Sebagian petani di Subang saya ingin sekali menanam jagung unyil. Tapi bibit atau benih sudah mulai langka... Kelebihan dari jagung unyil , yaitu cara budi daya mudah dan hasilnya bagus.

Jagung ini diberi nama Unyil karena berukuran kecil, maka jagung ini dinamakan unyil... Hehehe.

Ini kebun jagung Hibrida.
 Ini kebun jagung Hibrida.

Dulu Nenek dan kakek saya suka menanam jagung unyil.... Jagung unyil biasa ditanam di pematang sawah atau ladang, bersamaan dengan datangnya musim hujan. Untuk mengoptimalkan lahan, pematang pun ditanami jagung unyil. Jagung unyil, memiliki biji yang lebih bernas dibandingkan jagung hibrida.

Baca juga : 
Cara menanam jagung di pematang sawah 
Ciri - ciri jagung siap dipanen 
Tumpang Sari Tanaman Jagung Dengan Padi Di Sawah 
Menjelang perayaan tahun baru jagung laris manis 
Kenapa kok Seumur jagung bukan seumur padi.
  
Harga biji jagung unyil pun lebih mahal. Tidak Ribet perawatan tanaman jagung unyil sangat mudah. Begitu ditanam, biji akan tumbuh dengan subur. Pemupukan pun sangat minim, biasanya Kakek memupuk tanaman jagung unyil dengan pupuk kandang. Bahkan menanam jagung unyil itu bisa di tanam di kebun belakang rumah. Untuk mendapatkan benih, biasanya Nenek dan kakek suka menyisakan hasil panen musim sebelumnya. Sebagian biji hasil panen dijual dan sebagain lagi disimpan untuk ditanam musim berikutnya.
 
Penyimpanan juga tidak ribet. Jagung unyil ini termasuk varitas lokal sehingga benih tidak dijual di toko-toko pertanian.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar