Manfaat Daun Mengkudu

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Manfaat Daun Mengkudu

Daun mengkudu berukuran besar, tebal dan berbentuk jorong, tepi daunnya rata dan ujung daunnya lancip pendek. Pangkal daun mengkudu berbentuk pasak dengan urat daun yang menyirip.

Berwarna hijau mengkilap dan tidak berbulu, daun mengkudu bisa diolah menjadi makanan yang lezat karena tinggi akan kandungan vitamin A.

 Manfaat Daun Mengkudu


Baca juga : 
Ciri - ciri Bunga Pace / Noni / Mengkudu / Cangkudu

 
Daun mengkudu bermanfaat sebagai makanan yaitu pengganti sayuran atau bisa juga dibuat lalapan rebus "seupan" kukus, oseng - oseng, urap. Manfaat rebusan daun mengkudu termasuk untuk meningkatkan pencernaan, juga bermanfaat untuk mengobati ambeien.

Bagi kecantikan daun mengkudu juga mempunyai manfaat. Diantaranya yaitu untuk mengobati jerawat dan untuk melangsingkan tubuh.

 Daun mengkudu rebus... Enak buat lalapan dicocol ke sambel... hehehe
 Daun mengkudu rebus... Enak buat lalapan dicocol ke sambel... hehehe

Ternyata daun mengkudu bermanfaat juga bagi unggas dan burung.... Nah, manfaat dari daun mengkudu untuk burung dan unggas, yaitu : 
Burung-burung yang dalam pakannya diberi daun mengkudu terbukti memiliki bobot badan dan pertumbuhan serta bobot telur lebih tinggi daripada burung-burung yang dijadikan kontrol (tanpa perlakuan daun mengkudu).

Nah, untuk pembuatan pakan bisa dibuat tepung daun mengkudu... Caranya cukup sederhana, yaitu:
  • Mengeringkan dan menggiling daun mengudu hingga menjadi tepung atau serbuk. 
  • Setelah itu tepung daun mengkudu bisa dicampurkan ke dalam pakan burung piaraan Anda.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar