Memanfaatkan pematang sawah dengan menanam kacang panjang

Sapurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Memanfaatkan pematang sawah dengan menanam kacang panjang

Hamparan sawah adalah permadani surga yang Tuhan bentangkan di bumi-Nya terutama di bumi Nusantara. Sawah selalu tampak indah, menyentuh dan menyuguhkan kedamaian hati. Warnanya yang hijau menyejukkan mata yang memandang, sedangkan yang kuning kilau keemasan adalah wajah keceriaan dan sumringah saya yang segera akan memetik hasil panennya.

Foto: Tanaman kacang panjang di pematang sawah.
 Foto: Tanaman kacang panjang di pematang sawah. 

 

Baca juga : 
Memanfaatkan pematang sawah dengan menanam jagung

Saya adalah seorang petani di Pagaden Barat, Subang.. Salah satu sebagai petani yang memanfaatkan pematang sawah sebagai tempat untuk menanam sayur-sayuran kebutuhan sehari-hari seperti kacang panjang salah satunya.

“Saya berharap agar petani di Pagaden Barat ini bisa melakukan pemanfaatan lahan pematang sawah tersebut. Hal tersebut agar dalam memasak sayuran petani tidak kesulitan. Daripada pematang dibiarkan saja, lebih baik kita gunakan untuk menanam sayuran agar lebih bermanfaat.”

Selama ini petani masih sangat sedikit yang memanfaatkan pematang sawah tersebut untuk menanam sayuran, sehingga untuk kebutuhan sayuran kebanyakan petani malah membeli diwarung dan pasar. Selain memanfaatkan sebagian lahan pertanian, parit sawah juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh petani dan usaha seperti ini bisa meningkatkan penghasilan lain petani.

Untuk meningkatkan kemauan petani dalam menanam sayuran dipematang saya berharap ada dinas terkait yang memulai mensosialisasikan melalui kelompok-kelompok tani yang ada di Kabupaten Subang. Supaya jangan menyia - nyiakan lahan pematang sawah, karena itu bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan bisa membantu menambah pendapatankan petani

Terimakasih sobat sudah mebaca :
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar