--> Skip to main content

Pada 9 Maret 2016 diramalkan akan terjadi gerhana matahari total di Indonesia

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Pada 9 Maret 2016 diramalkan akan terjadi gerhana matahari total di Indonesia

Sejak awal tahun ini, dunia ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia diramaikan oleh kabar bahwa pada 9 Maret 2016 akan terjadi gerhana matahari istimewa. Oleh karena itu, baik ilmuwan maupun pemerintah bersiap-siap menyambut terjadinya fenomena alam ini.

Nah, sesuai yang saya ketahui dari ibu guru di sekolah.... Gerhana matahari  terjadi apabila posisi bulan ada di antara Bumi dan Matahari, sehingga cahaya matahari tertutup oleh bulan dan matahari jadi gelap karena cahayanya tertutup bulan tadi.

Pada 9 Maret 2016 diramalkan akan terjadi gerhana matahari total di Indonesia
Pada 9 Maret 2016 diramalkan akan terjadi gerhana matahari total di Indonesia

 

Meskipun ukuran bulan lebih kecil tapi bayangannya mampu menghalangi cahaya matahari sepenuhnya karena bulan mempunyai jarak paling deket dengan bumi sedangkan matahari mempunyai jarak jauh dari bumi

Eh, kata Ibu Guru.... Gerhana matahari itu ada 3 jenis, lho!... Tau ndak sih..?.i. Gerhana total
Terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan.

ii. Gerhana sebagian
Terjadi apabila piringan Bulan(saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian / separuh dari piringan Matahari.

iii. Gerhana cincin
Terjadi apabila bayangan bulan tidak cukup menutup sinar matahari. Matahari masih terlihat bersinar disekeliling bayangan bulan. Gerhana matahari ini terjadi saat bulan berada pada Jarak terjauh  dari bumi

Nah, yang bakal terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016 nanti adalah gerhana matahari total (GMT) yang sangat jarang terjadi. Bagi Indonesia, GMT ini adalah yang kedua sejak 11 Juni 1983 dan diperkirakan akan terjadi lagi pada 2023.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments