Penyebab harga gabah murah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -Penyebab harga gabah murah

Sudah menjadi kebiasaan dalam bertani jika harga jual saat panen selalu diawali harga tinggi diawal jatuh kemudian diakhir. Meski sebenarnya harga jual ke konsumen relatif stabil.

Nah, berikut alasan yang sering digunakan tengkulak agar dapat membeli hasil panen  petani dengan murah:


Penyebab harga gabah murah
Penyebab harga gabah murah


i. Gudang Tengkulak Penuh
Tidak semua para tengkulak menjual langsung ke pasar atau konsumen, tapi kadang mereka masih menjual ke pengepul yang lebih besar, nah ini yang biasanya dijadikan tengkulak sebagai alasan membeli dengan harga murah.
 
ii. Gabah atau tanaman padi kurang sehat
Jika tanaman terkena serangan hama penyakit, bisa dipastikan akan menurunkan nilai jual harga gabah, meski terkadang serangannya tidak terlalu parah, tapi tetep saja para tengkulak memakai senjata ini untuk membuat harga gabah murah.

iii. Gabah Terlalu Basah
Gabah terlalu basah bisa disebabkan oleh basah karena hujan, embun, basah karena roboh dan lahannya sedang tergenang air. 



iv. Cuaca mendung terus atau musim hujan.
Di musim penghujan ini tentu akan membuat proses pengeringan hasil panen jadi bertambah lama dan tentu saja akan menambah biaya pengeringan gabah padi. Pasti ini jadi alasan bagi para tengkulak untuk dapat menurunkan harga beli hasil panen petani. 

 
v. Jenis varietas Padi
Dari varietas padi bisa menimbulkan harga berbeda – beda... Misalnya harga gabah Rojolele akan berbeda dengan harga gabah Ciherang, Atau kondisi gabah patah, gabah berkapur, kulit terlalu tebal yang berdampak pada berkurangnya hasil saat diproses menjadi beras. Bahkan kadang bukan saja harga jualnya yang turun ... Bahkan  tengkulak tidak mau membeli.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar