Skip to main content

Peningkatan motorik anak dengan kegiatan menggunting

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Peningkatan motorik anak dengan kegiatan menggunting

Dalam Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar dituliskan “Gunting” yaitu alat perkakas untuk memotong kain (rambut dan sebagainya) menggunting yaitu memotong (memangkas dan sebagainya) dengan memakai gunting.

Gunting berguna untuk melatih anak agar mampu menggunakan alat, dan melatih keterampilan  memotong objek gambar. Hal ini membantu perkembangan motorik bagi anak, untuk melatih keterampilan, sikap, dan apresiatif  bagi anak tersebut.  

Dari beberapa hal yang telah dilakukan sang anak tentu akan melatih sikap anak terhadap yang ia lakukan dan tata cara yang harus dijalankan dengan benar. Apresiatif didapatkan dari penanaman sikap, keterampilan, pengalaman berkarya, pengetahuan dalam memadukan guntingan kertas, dan pewarnaan hasil karyanya.  Gambar yang akan digunting oleh anak sudah mempunyai batas yang telah dirancang oleh penggambar. Yaitu garis yang membatasi gambar atau kontur bidang. 

Peningkatan motorik anak dengan kegiatan menggunting
 Peningkatan motorik anak dengan kegiatan menggunting

Seperti anak saya "Gigin" yang baru berumur 3,8 tahun, mengguntingnya belum begitu benar, masih memotong bagian gamba... Namun, kesukaan terhadap kegiatan menggunting kertas sudah terlihat dan berusaha untuk menggunting dengan benar.

Sikap anak bisa dilihat dari suka atau tidak suka  dengan hasil potongan yang telah ia lakukan untuk ditempatkan (dipasang pada tempat yang telah disediakan). Setelah ia potong sebelum dibubuhi lem ia coba pasang pas atau tidak, bagus atau tidak, salah atau benar.

Anak saya "Gigin" yang baru berumur 3,8 tahun, mengguntingnya belum begitu benar
 Anak saya "Gigin" yang baru berumur 3,8 tahun, mengguntingnya belum begitu benar, masih memotong bagian gamba...

Keterampilan yang akan didapat oleh anak diantaranya : 
i. Keterampilan mengoperasikan alat gunting untuk memotong kertas, 
ii. Keterampilan memotong di tempat yang benar, 
iii. Kecermatan mana yang harus dipotong dan mana yang tidak boleh dipotong, iv. Ketahanan mengerjakan memotong dengan waktu yang relatif lama bagi anak. 


........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau di vidio dibawah ini
...
...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar