Permainan tradisional ucing sumput, petak umpet anak - anak sunda

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Permainan tradisional ucing sumput, petak umpet anak - anak sunda.

Permainan ini merupakan permainan admin waktu jaman dulu... Permainan ini biasa saya lakukan dengan teman - teman sepulang sekolah SD, permainan ucing sumput paling seru dimainkan paling sedikit 4 dan paling banyak 10 orang. Kalau terlalu banyak ya terlalu lieur ... Hehehe.  Saya paling sering jadi ucingnya hehehe.... Maklum saya khan badannya tinggi... Jadi ngumpetnya selalu kelihatan ... #Alasan... Hehehe. Saya menjadi kucing dan yang lainnya bersembunyi, saya sebagai kucing harus mencari teman - teman yang bersembunyi.



Permainan tradisional ucing sumput, petak umpet anak - anak sunda
 Permainan tradisional ucing sumput, petak umpet anak - anak sunda.

Kelebihan dari permainan ini ... Yaitu, dapat melatih pancaindera, melatih keterampilan dan kecepatan bergerak, melatih rasa setia kawan dan saling tolong-menolong. Permainan ini masih digemari anak saya sekarang.

Awal permainan dimulai dengan hompipa (gambreng)  sampai habis dan tinggal dua orang saja. Setelah tinggal dua orang, maka masing - masing melakukan suit dan yang kalah menjadi Kucing. Si Ucing Sumput menutup mata atau menempel pada salah tembok,pohon,tiang,dll. Sebagai sarana bentengnya. Si Kucing  menghitung satu sampai sepuluh atau lebih (sesuai perjanjian), maka semua anggota harus berlari mencari persembunyiannya, setelah hitungan ke terakhir maka si kucing mulai mencari teman yang bersembunyi sampai menemukan total anggota yang  bersembunyi.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar