Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang

Sampurasun ... Rampes.

Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang

MANGYONO.com - Desa Pasanggrahan merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Subang, desa ini termasuk kedalam kecamatan Kasomalang. 

Desa Pasanggrahan adalah gabungan dari Desa Ciupih dan Desa Cipatat. Nama Pasanggrahan diangkat dari nama kampung Pasanggrahan, karena Pasanggrahan merupakan tempat bertemunya dua desa yaitu Ciupih dan Cipatat, alasan penggabungan Desa Ciupih dan Desa Cipatat karena pada desa masing-masing tersebut tidak memiliki cukup banyak warga sebagai sebuah desa. Selain itu nama Pasanggrahan berarti tempat pertemuan dan permusyawaratan menuju perdamaian.

Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang
Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang


Desa Pasanggrahan berbatasan dengan desa - desa. 
Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sindang Sari 
Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Darmaga 
Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Cipunggara 
Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sanca

Penduduk desa ini sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Komoditas pertanian di Desa Pasanggrahan mayoritas adalah padi. Para petani di sini masih menggunakan pola tanam sederhana atau menurut istilah daerah di sini disebut pola tanam sakainget, sakatimu... Heheh.

Sedangkan untuk Industri rumah tangga di desa ini terdiri dari industri gula aren, sagu, kelontong, opak, dan ranginang. Namun hasil industri rumah tangga hanya dijual di sekitar wilayah desa dan kecamatan Kasomalang. 

Industri rumah tangga Gula Aren di desa Pasanggrahan
Industri rumah tangga Gula Aren di desa Pasanggrahan

Untuk Kepariwisataan yang ada di desa Pasanggrahan ini yaitu sumber mata air yang terletak di Dusun Cipondok. Di desa ini terdapat tiga sumber mata air dari dalam perut bumi, namun hanya satu sumber mata air yang dimanfaatkan oleh perusahaan air minum kemasan Aqua.

Sumber air Cimincul di pesawahan desa pasanggrahan
Sumber air Cimincul di pesawahan desa pasanggrahan

 

Wisata mata air Cimincul yang berada di persawahan Desa Pasanggarahan menjadi destinasi wisata yang diburu. Airnya yang jernih dan sangat alami kerap dijadikan lokasi selfie. Beragam gaya ala "dua alam" menjadi trending, yakni berfoto di dalam air dan diluar air pun terbawa. Malah gaya yang dipakai saat foto di air pun layaknya kegiatan di darat. Inilah kawasan wisata mata air Cimincul yang bisa menjadi magnet baru bagi wisata Subang.

Desa Pasanggrahan memiliki ciri khas desa berupa kolecer yang dipasang di depan rumah mayoritas penduduk desa. Kolecer adalah kincir angin yang terbuat dari kayu kualitas terbaik seperti kayu jati. Pada awalnya kolecer ini dibuat untuk memudahkan penduduk yang bermatapencaharian sebagai petani untuk mengetahui waktu datangnya angin barat dan perubahan musim. Namun karena suara yang dihasilkan dari perputaran kolecer ini membuat nuansa damai dalam hati masyarakat, maka pembuatan kolecer ini dijadikan tradisi turun temurun.


Desa - desa lainnya di Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang
  • Desa Sindangsari, Kecamatan Kasomalang
  • Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang 
  • Desa Bojongloa, Kecamatan Kasomalang
  • Desa Sukamelang, Kecamatan Kasomalang 
  • Desa Tenjolaya, Kecamatan Kasomalang 
  • Desa Kasomalang Wetan, Kecamatan Kasomalang
  • Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang 
  • Desa Cimanglid, Kecamatan Kasomalang
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar