Ikan Gabus / Kocolan / Boncel

Ikan Gabus / Kocolan / Boncel

Pernah melihat ikan gabus atau didaerah saya mah disebut ikan Kocolan terus anakannya disebut ikan boncel. Mungkin sobat sudah pernah melihat ikan gabus atau kocolan yang hidupnya di rawa-rawa?. Rupanya memang jelek, gak menarik ... hehhe. Bayong yaitu anak Ikan Gabus / Kocolan / Boncel.

Tapi ... soal rasa dari ikan yang satu ini, rasanya tak kalah lezat dari ikan salmon. Ikan gabus mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, bahkan pasar-pasar modern. Biasanya dalam bentuk kering alias ikan gabus yang sudah di asin biar awet.



Ikan Gabus / Kocolan / Boncel
Ikan Gabus / Kocolan / Boncel



Memang betul, belum banyak orang yang menjadikan ikan gabus sebagai lauk favorit. Padahal, selain rasanya yang lezat, ikan gabus juga memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Kandungan protein albuminnya yang sangat tinggi, membuat ikan gabus dapat digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan beragam penyakit, dari kekurangan gizi hingga HIV-AIDS

Adalah Prof. DR. dr. Nurpudji A. Taslim, MPH., SpGK., ahli gizi dari CFNH (Center for Food, Nutrition, and Health) bersama rekan-rekannya di Universitas Hasanudin, yang berhasil membuktikannya. Dan melakukan penelitian ikan gabus dengan uji coba dengan memberikan masakan ikan gabus kepada pasien di RS Wahidin Sudiro Husodo, Makassar, Sulawesi Selatan. Setelah beberapa kali mengonsumsi ikan gabus, kadar albumin si pasien meningkat sehingga kesehatannya pun membaik lebih cepat .
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar