Presiden Jokowi sidak ke Hambalang, mega proyek yang mangkrak

Presiden Jokowi Mendadak Sidak ke Hambalang, Proyek yang mangkrak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, secara mendadak meninjau lokasi Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang di Sentul, Jawa Barat, Jumat 18 Maret 2016 pagi.

Presiden memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi bangunan, struktur bangunan dan lingkungan sekitar untuk selanjutnya menentukan langkah apa yang akan diambil terhadap proyek tersebut.... Apakah tanah yang labil di sini memungkinkan untuk diteruskan. 

Ilustrasi : Presiden Jokowi sidak ke Hambalang, mega proyek yang mangkrakIlustrasi : Presiden Jokowi sidak ke Hambalang, mega proyek yang mangkrak


Menurut Presiden Jokowi, pihaknya akan membahas masalah Proyek Hambalang ini dalam Rapat Terbatas yang akan digelar dalam waktu dekat. Dari pantauan di lapangan, Presiden Jokowi menilai bahwa struktur bangunan yang ada tidak sesuai standar untuk bangunan di perbukitan. 

Menurut Presiden, untuk mengetahui kerugian yang terjadi dan menentukan langkah ke depan, dirinya  akan memerintahkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk meng-cut dimana, dan kemudian kalau ke depan diputuskan atau dilanjutkan menjadi jelas.

Sebagaimana diketahui pembangunan Proyek Hambalang yang dilakukan di atas tanah seluas 32 hektar itu terhenti sejak tahun 2012 dikarenakan kasus korupsi yang ditemukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Permasalahan dalam proyek pembangunan Hambalang mulai tercium tahun 2012. Ketika, media ramai memberitakan perihal longsornya tanah di area pembangunan seluas 30 hektar tersebut.

Kemudian, ditambah nyanyian mantan Bendahara Umum (Bendum) Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin bahwa ada korupsi dalam proyek senilai Rp 2,5 triliun itu.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar