Budidaya kangkung darat di kebun belakang rumah

Budidaya kangkung darat di belakang rumah

Budidaya kangkung darat bisa dipraktekkan di pekarangan rumah. Untuk bisa sukses menanam kangkung, perhatikan lama paparan sinar matahari pada lokasi lahan yang akan ditanaminya. Pasalnya, kangkung membutuhkan sinar matahari langsung yang lama. Akan lebih baik, bila paparan sinar matahari yang diterima selama sehari penuh.

Untuk mendapatkan lokasi tanam yang sesuai, bagian atap rumah bisa dipakai. Jika halaman rumah kita luas, halaman depan atau belakang rumah juga bisa dipakai. Biasanya, bagian halaman tersebut terkena paparan sinar matahari selama kurang lebih 6 jam penuh. Baca Cara menanam kangkung darat

Budidaya kangkung darat di kebun belakang rumah
 Budidaya kangkung darat di kebun belakang rumah. Foto jepretan di kebun belakang rumah admin

Baca juga : Cara menanam kangkung darat di pot

Budidaya kangkung darat terbilang mudah. Bisa ditanam pada media tanam tanah biasa maupun dengan  cara ala hidroponik. Di daerah perkotaan, penanaman dengan cara hidroponik merupakan pilihan yang terbaik. Penamanam tanpa media tanah akan membuat lingkungan sekitar tetap bersih. tAPI Yang diperlukan hanya ketelatenan selama perawatan dan pemeliharaannya.

Nah, hasil dari budidaya kangkung darat dibelakang rumah saya hanya bisa dikonsumsi untuk diri sendiri saja... Karena jumlah terbatas, jadi lebih baik dikonsumsi untuk sendiri. Toh, tujuan utamanya bukan untuk komersial, tapi untuk meghijaukan dengan sayur mayur. Manfaat menanam kangkung menjadi ganda, sebagai penghijauan sekaligus pemenuhan pangan keluarga.


Cara memanen, pangkas batangnya dengan menyisakan sekitar 2-5 cm di atas permukaan tanah atau meninggalkan 2-3 buku tua. Panen dilakukan pada sore hari. Panenan dilakukan dengan cara memotong kangkung yang siap panen dengan ciri batang besar dan berdaun lebar.
 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar