--> Skip to main content

Menteri Komunikasi dan Informatika Luncurkan Lima Aplikasi Untuk Petani

Menteri Komunikasi dan Informatika Luncurkan Lima Aplikasi Untuk Petani

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, meluncurkan lima aplikasi berbasis teknologi seluler untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Lima aplikasi yang dihasilkan para startup (perintis teknologi) dalam negeri tersebut merupakan bagian dari Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat yang diluncurkan Presiden Joko Widodo di Brebes, Senin (11/04/2016), demikian dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menteri Komunikasi dan Informatika Luncurkan Lima Aplikasi Untuk Petani
 Menteri Komunikasi dan Informatika Luncurkan Lima Aplikasi Untuk Petani

Tujuan peluncuran aplikasi untuk petani ini berfungsi memotong mata rantai tengkulak yang saat ini merugikan petani. Misalnya 

" Harga jual Gabah dari petani hanya Rp 4.000/Kg, tapi di pasar harga mencapai Rp 6000 ribu/Kg."

"Harga jual Cabai dari petani hanya Rp.6.000/Kg, tetapi di pasaran harga mencapai 25.000/Kg" 


Lima aplikasi yang diperkenalkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara tersebut dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, adalah:  
1. Aplikasi Petani
Petani yang merupakan solusi informasi aplikasi layanan untuk masalah yang terkait dengan pertanian, di mana penjualan peralatan pertanian, informasi pelatihan pertanian, serta “forum online” dengan sesama petani di seluruh Indonesia.

2. Aplikasi TaniHub
Berisikan layanan mengenai distribusi hasil pertanian dan perkebunan dari daerah ke kota.

3. Aplikasi LimaKilo
Memungkinkan petani untuk langsung menjual hasil panennya ke konsumen dengan harga kompetitif.

4. Aplikasi Pantau Harga
Merupakan tempat untuk tawar menawar, dan melakukan jual beli antara penyedia bahan baku dengan petani. Hal ini untuk memudahkan dalam melakukan interaksi dikarenakan ada basis data harga yang menjadi acuan.

5. Aplikasi Nurbaya Initiative
Yaitu layanan yang disediakan bagi pelaku ekonomi rakyat baik petani maupun UKM untuk dapat membuat platform penjualan hasil-hasilnya.

 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments