MENYAMBUT HARI BUMI (EARTH DAY) TANGGAL 22 APRIL.

MENYAMBUT HARI BUMI (EARTH DAY) TANGGAL 22 APRIL.

Di beberapa daerah di seantero jagat, dalam sepekan ini, tengah sibuk mempersiapkan/mengisi acara memperingati hari bumi yang jatuh pada setiap tanggal 22 April, termasuk para aktivis linkungan di Kabupaten Subang. 

Awal kegiatan peringatan hari bumi ini muncul dari gagasan seorang senator Amerika, Senator Gaylord Nelson, yang merasa prihatin atas kerusakan bumi karena ulah manusia, dampak teknologi dan industri, pada pidatonya pada tanggal 22 April 1969, setahun berikutnya tgl. 22 April 1970 dicanangkan sebagai Har Bumi. Hingga tahun ini, 2016, Hari Bumi telah dilaksanakan untuk yang ke-46 kalinya.

MENYAMBUT HARI BUMI (EARTH DAY) TANGGAL 22 APRIL. 
MENYAMBUT HARI BUMI (EARTH DAY) TANGGAL 22 APRIL.

Intinya menyerukan kepada seluruh manusia di bumi agar merawat bumi dengan menjaga lingkungan dan kelestarian alam. Karena datangnya dari barat, ini menjadi sesuatu yang luar biasa sebagai dogma yg trendy dan bergengsi. Padahal, ribuan tahun yang lalu, karuhun kita, leluhur kita sudah membuat upacara memartabatkan bumi.

Kegiatan nyata dalam memperingati Hari Bumi, dapat dilakukan oleh setiap orang di seluruh dunia. Meskipun hanya berupa aksi kecil yang sederhana namun akan dapat memberikan perubahan yang besar bagi bumi dan lingkungan hidup. Apalagi jika aksi tersebut dilakukan secara bersama-sama dan terus menerus.... Mantab...

Untuk memperingati Hari Bumi, banyak hal dan kegiatan yang bisa dilakukan. Selain melakukan kampanye dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan menyintai bumi dan lingkungan hidup, terdapat berbagai aktivitas nyata yang bisa dilakukan. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya adalah :

i. Kurangi Pemakaian Plastik
Plastik tidak dapat terurai dengan cepat sehingga menjadi sumber masalah berkepanjangan bagi bumi.
 

ii. Menanam Pohon
Hutan dan pohon memainkan peran penting dalam mengurangi bencana alam, pencemaran udara, dan pemanasan global. 

iii. Membeli Produk Lokal 

Semakin lama buah dan sayuran tidak segera dikonsumsi akan semakin banyak nutrisi yang hilang. Buah dan sayur non lokal membutuhkan waktu yang lebih lama antara saat dipetik dan dikonsumsi. Berarti akan semakin banyak nutrisi yang terbuang percuma. Padahal tidak sedikit air dan sumber daya lain yang dibutuhkan untuk memproduksinya. Jarak juga akan mempengaruhi seberapa banyak gas rumah kaca yang dihasilkan selama proses pengangkutan. Oleh sebab itu, pilihlah produk-produk lokal 

Masih banyak contoh aksi nyata yang bisa dilakukan untuk mendukung dan memperingati Hari Bumi.  

"Selamat memperingati Hari Bumi 2016, 22 April 2016."
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar