Udang Sawah/Sungai.

Udang sawah/sungai.

Ukuran udang 3cm, warna tubuh bening/transparan. Apah makanan nya?... Bagai mana cara proses makannya?. Pertanyaan itu di lontarkan anak saya yang sulung di suatu sore... 

Begini nak. Sambil saya browsing di internet .. Hehehe.... Makanan bagi udang-udang kecil adalah detritus (bahan-bahan organik yang sudah membusuk, baik sampah-sampah daun ataupun bangkai binatang) dan alga (ganggang). Kalo dipelihara di akuarium cukup dikasih pelet khusus udang (pelet tenggelam), dan lebih baik lagi jika ada tanaman air, karena dia akan memakan daun-daun tanaman tsb yang rontok dan membusuk. Karena itu udang digunakan sebagai kru kebersihan di dlm akuarium.

Udang Sawah/Sungai.
Udang Sawah/Sungai.


Udang merupakan hewan omnivora penghuni dasar termasuk pemakan organisme dasar yang makanan alaminya berupa plankton, cacing, siput, kerang, ikan, moluska, biji-bijian serta tumbuh-tumbuhan. Pada M. Vollenhovenii makanan dan  kebiasaan makannya menunjukkan bahwa plankton merupakan makanan utamanya.

Beberapa pendapat yang menyatakan bahwa udang dewasa termasuk kedalam kelompok omnivora merupakan suatu hal yang benar adanya. Melihat faktanya bahwa hewan ini hidup dipengaruhi oleh ketersediaan pakan di habitatnya. Udang bisa menyesuaikan diri untuk kelangsungan hidupnya dengan cara memakan baik hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitar.

Udang mengambil makanannya dari dasar habitatnya atau dari fauna terkait yang terendam vegetasi pantai di badan air.Udang memakan makananya dengan cara menangkapnya kemudian dicerna.

Makanan yang mengandung senyawa organik, seperti protein, asam amino, dan asam lemak maka udang akan merespon dengan cara mendekati sumber pakan tersebut. Saat mendekati sumber pakan, udang akan berenang menggunakan kaki jalan yang memiliki capit. Pakan langsung dijepit menggunakan capit kaki jalan, kemudian dimasukkan ke dalam mulut. Selanjutnya, pakan yang berukuran kecil masuk kedalam kerongkongan (esophagus). Bila pakan yang dikonsumsi berukuran lebih besar, akan dicerna secara kimiawi terlebih dahulu oleh maxilliped
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar