Cara menyejukan kamar dengan alami

Cara menyejukan kamar dengan alami

Pemanasan global, pemukiman padat, cuaca yang tak menentu, akan membuat kamar terasa panas dan sumpek. Padahal, kamar seharusnya menjadi tempat yang nyaman bagi Anda untuk beristirahat.

Ingin memasang pendingin ruangan, namun Anda memiliki banyak keterbatasan. Lalu, bagaimana caranya agar kamar terasa sejuk? Berikut 6 tips untuk menyejukkan kamar tanpa menggunakan pendingin ruangan yang dapat Anda coba.


1. Pilih warna yang tepat
Mungkin Anda tidak menyadari, pemilihan warna cat untuk kamar ternyata dapat memberi efek berbeda. Bila Anda memilih warna cat yang gelap, sudah tentu kamar terasa lebih sumpek.
Untuk itu, pilihlah warna-warna yang mencerahkan kamar. Warna-warna seperti biru muda, putih, hijau muda, dapat memberikan perasaan tenang dan sejuk bagi orang yang melihat dan berada di kamar tersebut.

2. Ventilasi
Sudah tentu, ventilasi memiliki peranan penting membuat suasana kamar yang sejuk. Bagi kamar yang tidak memiliki pendingin ruangan, ventilasi menjadi sesuatu yang krusial. Sebab, udara yang berputar di kamar nantinya udara yang itu-itu saja.
Jika ingin membuat ventilasi, buatlah ventilasi silang. Yakni, ventilasi yang saling berhadapan dan memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar atau sebaliknya tanpa harus mengendap dalam ruangan. Tapi bila tak punya ventilasi, pasanglah Exhaust Fan yang harganya tak terlalu mahal.

3. Jangan meletakkan barang terlalu banyak di dalam kamar
Kamar yang terlalu penuh selain terlihat sumpek, juga tak baik untuk kesehatan tentunya. Semakin banyak barang di kamar, debu yang menumpuk pun semakin banyak. Bila Anda memiliki barang yang tidak penting, letakkan di luar atau di gudang.

4. Jendela yang tepat
Adanya jendela di kamar, selain dapat memberikan kesejukan, ternyata juga dapat membuat kamar lebih panas. Hal ini dikarenakan jendela menjadi jalan masuk sinar matahari yang paling mudah.
Untuk mengakalinya, pasang tirai yang cukup tebal untuk menangkal sinar matahari. Dan bila tidak terlalu terik, biarkan jendela terbuka dan angin masuk.

5. Matikan lampu atau gunakan lampu dengan watt kecil
Lampu sudah tentu mengeluarkan panas. Lampu yang dihidupkan terus-menerus hanya akan membuat kamar terasa lebih panas. Sering-seringlah mematikan lampu kamar. Bila Anda tidak nyaman dengan kamar yang gelap, gunakan lampu meja yang tak terlalu terang atau lampu yang watt-nya kecil.

6. Tanaman bunga atau tanaman di depan kamar dekat jendela
Untuk yang satu ini, selain memberikan kesejukan kamar Anda nantinya juga terlihat lebih nyaman. Sebagaimana kita ketahui, tanaman mengeluarkan oksigen di siang hari. Oksigen yang banyak tentu membuat ruangan terasa lebih menyenangkan. Tanam lah bunga atau tanaman yang berukuran sedang di depan kamar agar terasa lebih sejuk saat jendela kamar dibuka atau melalui pentilasi kama. Akan tetapi, sebelum tidur di saat malam, Anda harus menutup jendela atau pentilasi. Sebab, pada malam hari tanaman mengeluarkan karbon dioksida. Sudah tentu tidak baik untuk kesehatan bila saat Anda tidur Anda malah menghirup karbon dioksida ketimbang oksigen.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar