Skip to main content

Harumnya Kucai, Bawang Batak atau Lokio

Harumnya Kucai, Bawang Batak atau Lokio.

Di daerah saya disebut dengan Kuvcai tapi di daerah lain disebut dengan bawang batak karena banyak ditemukan pada masakan-masakan khas Batak

Nah, aroma dari kucai ini lebih wangi tidak seperti bawang yang ada di pasaran, yang ini wangi apalagi saat dimasak dengan cara di bakar meningkatkan rasa dan aroma yang menggugah selera makan. 

Harumnya Kucai, Bawang Batak atau Lokio bakar.
 Harumnya Kucai, Bawang Batak atau Lokio bakar.


Kalau sobat suka sekali dengan asinan Bogor, pastinya akan menemukan sayuran ini. Bentuknya seperti bawang namun dengan ujung tangkai yang lebih panjang dan warnanya cenderung putih. Jadi mirip bawang daun berbentuk mungil dengan daun kecil panjang, dan juga bentuknya mirip seperti bawang, tapi ukurannya jauh lebih kecil.
 
Kucai sangat mudah ditemukan. Banyak dijual di pasar-pasar tradisional maupun pasar swalayan. Harganya pun terbilang cukup murah. Biasanya bawang ini dijuala dalam ikatan karena umbinya kecil-kecil. Karena rasa dan aromanay seperti bawang maka kucai juga sering dibuat acar termasuk dipakai sebagai bahan campuran asinan.. saat dikunyah rasanya kres..kres..renyah wangi... enak... nikmat.


Kucai ini meskipun hanya dibakar dan dicocol ke sambel tapi saya suka .... apalai kau dibuat oseng - oseng kucai, sayur kucai plus ikan pari dan lain sebagainya 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar