Masakan bunga labu kuning

Masakan bunga labu kuning

Biasanya tanaman labu kuning diambil pucuk tunas dan buah labunya saja, namun di daerah sunda, khususnya di daerah saya Pagaden Barat, Subang, bunga labu juga diambil untuk diolah menjadi berbagai makanan. 

Warna cantik dari bunga ini juga menggambarkan rasanya yang lembut. Beberapa sumber menyebutkan rasa bunga ini adalah perpaduan dari rasa labu dan rasa lembut sayur. Anda harus menggunakan bunga labu dalam jumlah banyak untuk mengeluarkan rasanya.

Bunga Labu Kuning
Bunga Labu Kuning


Jika Anda memiliki tanamannya sendiri, Anda harus hati-hati dalam memetik agar tanaman tersebut dapat tetap berbuah. Tanaman labu memiliki bunga jantan dan betina dalam satu pohon, cara membedakannya adalah bunga jantan tumbuh di tangkai yang panjang dan biasanya terdapat calon labu di bawah bunga betina. Petik beserta tangkai bunga agar segar lebih lama, bunga labu termasuk golongan yang mudah layu dalam waktu singkat.

Seperti pada bunga lainnya, ketika dipetik bunga labu akan menguncup. Buka kuncup ini, periksa apakah ada serangga di dalamnya. Buang kelopak hijau di bagian dasar bunga dan bagian tangkainya jika tidak digunakan. Bilas dengan air mengalir.

Bunga labu biasa diolah menjadi sup, ditumis, atau dipepes bersama ikan peda. Di Daerah saya ada yang memasaknya sebagai sayur berkuah santan, sayur bening, tumis sayur dan juga sebagai sayur urap. Setelah dibersihkan, Anda bisa memasak bunga labu seperti sayur pada
umumnya.

Nah, Kandungan gizi dari bunga labu ini sesuai yang saya baca dari 150 gram bunga labu mentah mengandung :
1,31 gram protein, 
3,27 gram karbohidrat, 
16,95 mcgram kalsium, 
280,24 mcgram potassium, 
384 IU vitamin A, 
24,93 mcgram folat 
1,36 gram serat makanan. 

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar