Skip to main content

Manfaat Kucai / Lokio/bawang batak (Allium chinense)

Manfaat Kucai/Lokio/bawang batak (Allium chinense).

Kucai (Allium chinense) lebih banyak di sukai sebagai bahan sayuran oleh msyarakat keturunan China dan orang sunda. Dan sekarang ini sudah banyak kucai di jual di pasar.

Lokio merupakan tanaman semusim kerabat bawang bawangan. tidak heran bila zat yang di kandungnya tidak berbeda jauh dengan jenis bawang lain nya. sosok lokio pun mirip bawang merah walaupun ukuran nya lebih kecil. daun nya berwarna hijau tua segar. Yang di gunakan sebagai sayur dari tanaman ini biasanya adalah umbiya. 

Kucai / Lokio/bawang batak (Allium chinense)
 Kucai / Lokio/bawang batak (Allium chinense)


Nah, berikut ini manfaat dari Kucai / Lokio/bawang batak (Allium chinense)
1. Saraf perut
Lokio yang sudah di kupas di potong potong dan di buat jus sebanyak satu cangkir kecil. Jus inilah yang di minum oleh penderita.

2. Radang tenggorokan (bronchitis)
Umbi lokio secukupnya di kupas dan di buat jus. Jus dapat di tambahkan gula dan air secukupnya. Sebanyak 3g jus di minum tiga kali sehari.
Manfaat daun lokio

3. Cacing gelang (billary ascariasis)
Bunga lokio di buat acar dengan di rendam dalam cuka selama beberapa hari. Setelah itu, lokionya di kunyah atau air cuka nya di minum oleh penderita tiga kali sehari.

5. Radang perut dan muntah (gastroenteritis)
Sebanayak 50 g lokio dan 150 ml air  di rebus hingga airnya tersisa 100 ml. Air rebusan inilah yang di berikan kepada penderita saat masih hangat.

6. Cacar
Daun lokio di rendam dalam alkohol atau anggur dan di gosokan atau di tempelkan ke bagian yang sakit.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar