--> Skip to main content

12 Jenis vaksin yang diketahui dipalsukan

12 Jenis vaksin yang diketahui dipalsukan

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan koordinasi dengan Bareskrim Polri terkait peredaran vaksin palsu. 

Dibawah ini ada 12 jenis vaksin yang diketahui dipalsukan. Seluruh vaksin yang dipalsukan tersebut merupakan vaksin-vaksin yang diproduksi oleh tiga perusahaan obat ternama.

Berikut ini Ke-12 vaksin palsu yang merupakan hasil koordinasi antara BPOM dengan Bareskrim.
 
Vaksin Campak,
Vaksin Hepatitis B,
Vaksin Polio bOPV (polio),
Vaksin BCG,
Vaksin Harvix,
Vaksin Engerix B, 
Vaksin Pediacel,
Vaksin Euvax B,
Vaksin Tripacel,
Tyberculin PPDRT 23,
Vaksin Penta-Bio,
Vaksin TT (tetanus),

"Duh... Dari pengakuan para pelaku, vaksin palsu sudah menyebar ke seluruh Indonesia sejak tahun 2003... Sudah berapa juta coba ?."

Awal penyelidikan vaksin palsu dimulai berdasarkan banyaknya laporan anak yang mengalami gangguan kondisi kesehatannya setelah diberikan imunisasi atau vaksin di beberapa puskesmas daerah. 



Kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek anak yang mendapat vaksin palsu seharusnya kembali diimunisasi. Sebab, mereka yang mendapat vaksin palsu tentu tidak mendapat manfaat kebal terhadap suatu penyakit.... 

"Terus gimana cara membedakan bahwa anak tersebut diberikan vaksin palsu atau vaksin asli.... "

Hasil penyelidikan sementara, vaksin palsu berisi cairan dan antibiotik yang kadarnya sangat sedikit.... 


"Duh, apakah anak saya "Gugum" dan "Gigin" juga pernah mendapat vaksin palsu .... Mudah - mudahan saja anak saya di vaksin menggunakan yang asli...." 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments