Skip to main content

Di situs Vidio.com ada vidio E1.RU diunggah Liputan6.com. Apakah ini pelanggaran hak cipta?.

Di situs Vidio.com ada vidio E1.RU diunggah Liputan6.com. Apakah ini pelanggaran hak cipta?.

Ini mengingatkan kejadian yang menimpa saya beberapa tahun yang lalu... Salah satu akun Youtube saya di laporkan oleh PT. Surya Cipta Media karena saya mengunggah vidio Dangdut Academy Indonesia, yang berdampak pada penghapusan akun Youtub saya. Mungkin sobat juga ada yang senasib dengan saya....

Memang betul setelah saya pahami salah satu masalah terbesar yang situs video-sharing seperti YouTube adalah  berurusan dengan isu seputar pelanggaran hak cipta.

Saya sangat menggemari Dangdut Academy yang di tayangkan di Statsiun Surya cipta Media Group, ketika menonton di tv tersebut saya merekamnya lalu mengupload ke Youtube. Itu adalah konten orang lain dan bukan Konten saya. Maka hal itu digolongkan sebagai pelanggaran Hak Cipta.Menggugah Konten orang lain (Tanpa Izin Jelas) bisa menimbulkan masalah.

Hak Cipta adalah bentuk perlindungan untuk karya tulis, Sastra, drama, music, film, grafis dan audiovisual. Pelanggaran hak cipta terjadi jika karya hak cipta di produksi ulang, ditampilkan atau ditujukan pada publik tanpa izin dari pemilik hak cipta atau tanpa hak hukum melakukannya.

Meskipun Youtube adalah situs bebas, Saya mendapakan masalah serius jika melanggar hak cipta. Saya kehilangan uang dari pendapaan (Monetization) dan lebih buruk lagi Saya kehilangan akun Youtube.

Nah, berarti siapa saja boleh menggunakan konten orang lain selama konten tersebut sudah muncul di YouTube dan diunggah ke situs Vidio.com... Ah, sudahlah mungkin tim liputan6.com sudah meminta izin menduplikat vidio E1.RU
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar