Cara mengetahui buah cabe rawit siap panen dan cara pemanenan

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara mengetahui buah cabe rawit siap panen dan cara pemanenan

Cara pemanenan Cabe Rawit agar memberikan hasil yang terbaik, perlu diketahui waktu panen, sebaiknya panen dilakukan pada  pagi hari sekitar pukul 07.00 - 10.00 atau sore hari karena cahaya sinar matahari tidak terlalu panas. 


Tetapi untuk pertanaman cabe rawit di pekarangan dapat dilakukan pemetikan sesuai keperluan saja. Waktu panen juga tergantung dari lamanya tanaman terkena sinar matahari, semakin lama tanaman dikenai sinar matahari maka semakin cepat waktu panennya. 

FOTO : Cabe Rawit di kebun belakang rumah admin
 FOTO : Cabe Rawit di kebun belakang rumah admin

Demikian juga lamanya musim penghujan, dapat memperlambat waktu panen. Dan kekurangan unsur hara juga akan memperlambat waktu panen tiba. Pada umumnya waktu panen rata-rata setelah berumur 2,5 bulan sampai 3 bulan sesudah disemai. 

Panenan berikutnya dapat dilakukan 1 - 2 minggu tergantung dari kesehatan dan kesuburan tanaman. Cabai rawit bila dirawat dapat mencapai umur 1-2 tahun, apabila selalu diadakan  pemangkasan dan pemupukan kembali setelah tanaman dipanen. 

Pemupukan kembali dapat memberikan pupuk organik seperti kompos maupun pupuk kandang yang sudah menjadi tanah atau sudah dipermentasikan. 

Cara mengetahui buah cabe yang siap dipanen sebagai berikut :
i. Panen dilakukan pada buah yang tingkat kemasakanya sudah mencapai antara 80 -90% 
ii. Dilakukan pada pagi hari setelah embunnya mengering. Sortasi dilakukan sekaligus dilahan, pisahkan yang rusak / cacat/ bekas terkena serangan OPT. Panen kedua dan seterusnya dilakukan 2-3 hari sesudahnya 
iii. Alat panen yang dipergunakan pada umumnya menggunakan pisau atau gunting kecil untuk memotong bagian tangkai cabai rawit. 
iv. Kemudian sebagai wadah dapat digunakan keranjang anyaman bambu, rotan, maupun karung jala yang terlebih dahulu diberi alas dan diletakkan ditempat yang teduh.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar