Skip to main content

Tanam kelapa gading depan rumah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Tanam kelapa gading depan rumah

Menikmati secangkir kopi di pagi hari sambil berpikir, apa yang akan saya bagi tanam lagi di halaman, setelah berpikir yang sangat panjang dan melelahkan akhirnya diputuskanlah menanam Pohon Kelapa di depan Rumah ... Ups, rumahnya belum di bangun ... Hehehe.


Tanam kelapa gading depan rumah
Tanam kelapa gading depan rumah

Saya sempat memandangi pohon kelapa yang baru saja saya tanam... Cuma satu-satunya di halaman rumah., sebenarnya dulu ini bibit pohon kelapa gak sengaja... 

1 tahun yang lalu istri saya membeli  buah kelapa sekitar 5 butir untuk dimasak pas lebaran... Tapi, 4 butir kelapa pun cukup.. Ya, yang satunya saya taruh aja dekat kran air di taman... Eh, tumbuh.... pohon kelapa yang ini jenisnya kelapa gading. 

FOTO : Tanaman kelapa saya di pinggir sungai...
FOTO : Tanaman kelapa saya di pinggir sungai...


Kelapa Gading (Cocos Nucifera varietas Eburnea) adalah pohon kelapa yang dikenal paling cepat berbuah dibandingkan pohon kelapa lainnya. Selain itu, kelapa gading juga lebih unggul dalam jumlah buahnya. Biasanya pohon kelapa gading berbuah lebih lebat daripada pohon kelapa lainnya.

Kata temen saya..... Kelapa gading ini selain dibudidayakan untuk dipanen bisa juga dipakai sebagai tanaman hias. 


FOTO : Tanaman kelapa saya
 FOTO : Tanaman kelapa saya

Huuuffff…. Akhirnya bibit pohon kelapa ini saya tanam di tanah yang 2 tahun yang lalu saya beli... Tepatnya di depan rumah Nenek... dekat sungai bendungan macan ....  

Menurut yang saya baca.... Salah satu hama yang sering menyerang kelapa gading adalah cendawan Paslalozzia. Hama ini akan mengakibatkan daun-daun pohon kelapa gading menjadi kering. Penyemprotan anti jamur ini bisa dilakukan sampai kelapa berusia dua tahun. Hindarkan juga pohon kelapa gading dari gulma dengan cara mencangkul atau membabat tanaman hama dan membakarnya. 


Menurut orang tua katanya... Kelapa Gading: dalam perjodohan dan kehidupan mengandung inti kehidupan kekal.... 

Menurut feng shui, pohon kelapa jangan ditanam di depan rumah... Karena memiliki batang yang kecil dan tipis sehingga membuat aura yang cenderung memotong atau membelah. Semakin kecil batang semakin tajam, artinya semakin kurang baik bagi penghuni rumah.... Ah, sudah lah..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar