Skip to main content

Kapan Anak Masuk PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ) ?.

Sampurasun ... Rampes.

Kapan Anak Masuk PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini )?.

Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD saat ini menjadi pilihan orang tua untuk memperkenalkan anak dengan lingkungan lain selain rumah. Untuk Anda yang masih mempertimbangkan anak balita Anda untuk masuk PAUD atau tidak, berikut adalah beberap pertanyaan yang perlu Anda jawab tentang kesiapan anak seperti :

Kapan Anak Masuk PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ) ?. 
Foto anak saya "Gigin" mulai masuk PAUD.

1. Apakah anak Anda sudah mengerti bagaimana bersikap.  

Nah, pertanyaan ini penting karena ia akan berada di lingkungan baru selain lingkungan rumahnya. Sebagai contoh, apabila anak masih belum paham bahwa kalau buang air kecil harus memberitahu Ibu gurunya, ada baiknya Anda urungkan dahulu niat Anda untuk fokus melatih anak bersikap.

2. Apakah anak sudah pernah mengalami jauh dari Anda. 

Walaupun sekolah PAUD ini hanya berlangsung mulai pukul 7 hingga 10 pagi, namun keputusan mendaftarkan anak membuat Anda harus jauh darinya untuk beberapa jam. 

3. Apakah anak sudah mampu memahami instruksi. 
Ini sangat penting mengingat di sekolah PAUD nanti, ibu/bapak guru akan sering memberikan instruksi. Karenanya, akan lebih baik apabila anak Anda sudah terlatih untuk memahami instruksi yang Anda berikan.

Bagaimana Ayah dan Bunda, semoga pertanyaannya membantu Anda mengambil keputusan ya!... Itu hanya pertimbangan saja ya ... bila ada poin yang belum bisa, tentunya bisa disiasati dan di terapkan secara bertahap... Misal seperti anak saya yang gak masuk ke pertanyaan point 2 .... Ini bisa di terapkan secxara bertahap... Seperti Mamahnya
melakukan pelepasan secara bertahap. Misal minggu pertama ditemani, minggu kedua duduk di pojok kelas aja mamahnya, lalu di luar kelas, sampe akhirnya ditinggal pulang. Baca Siapkah Anakku Gigin masuk PAUD
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar