Siapa bilang gendut itu jelek.... Cantik tau.

Sampurasun ... Rampes.

Siapa bilang gendut itu jelek.... Cantik tau.

MANGYONO.com - Selama ini orang-orang yang dikaruniai badan besar sering dilihat sebelah mata oleh masyarakat umum. Mereka yang selama ini dianggap gendut, disebut jelek dan tak ideal, sesungguhnya juga manusia selayaknya manusia biasa. Tuhan telah menciptakan manusia dalam perbedaannya. Gemuk ataupun kurus hanyalah salah satu bentuk ciptaan Tuhan yang sebetulnya bukan untuk diolok-olok tetapi juga harus mendapat tempat di hati kita.

Siapa bilang gendut itu jelek.... Cantik tau.
Siapa bilang gendut itu jelek.... Cantik tau. Foto istri admin ( kiri )

Mengapa manusia malah membedakan manusia dengan manusia yang lainnya?. Melihatnya dari sudut pandang fisiknya, bukan dari kemampuannya. Contoh di atas menunjukkan bahwa, semua orang memiliki kemampuan, terlepas dari bentuk tubuhnya kurus, tinggi, pendek, gemuk atau apalah... apalah itu namanya. Perbedaan fisik seperti ini seharusnya tidak menghalangi seseorang kepada suatu pekerjaan, karena gemuk atau kurus yang penting adalah kompetensi dan kemampuannya.

Namun, perbedaan seringkali ini menjadi sumber diskriminasi, misalnya di dalam suatu iklan lamaran kerja, ada salah satu syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut adalah berpenampilan menarik. Menurut saya syarat tersebut ambigu. Penafsiran dari penampilan menarik ini bisa bermacam-macam. Lagipula penampilan yang menarik belum tentu menunjang kemampuan kerja yang sepadan yang akan dikerjakan.

Nah.... Kalau kita merujuk pada tren sekarang, kita bisa lihat bagaimana kemampuan bernyanyi Regina yang menjuarai Indonesian Idol 2012. Atau misalnya..... Adele yang menjadi ratu Itunes dan menggemparkan jagat permusikan dunia lewat suaranya. Mereka telah membuktikan bahwa gemuk bukan masalah, kualitas dirilah yang ditunjukkan mereka.

Di jagat raya ini tidak ada manusia yang sempurna, sama-sama saling melengkapi. Bahwa Allah SWT menciptakan manusia semuanya dalam keadaan yang paling sempurna. 
  • Yang hitam melengkapi yang putih, 
  • Yang sipit melengkapi yang lebar, 
  • Yang kaya melengkapi yang miskin, 
  • Yang gemuk melengkapi yang kurus. 
  • Yang tinggi melengkapi yang pendek.

Semuanya saling melengkapi dan tidak ada yang sempurna. Bersyukur dengan apa yang sudah kita punya. Mau gendut, mau kurus. Itulah yang diberikan Allah SWT kepada kita. Konsep kecantikan yang kurus, langsing, tinggi itu adalah imajinasi buatan manusia. Bukan kecantikan yang sebenarnya. Berbahagialah dengan apa yang kita punya. Tidak perlu memaksakan diri melawan kehendak Allah. Misalnya orang yang gemuk ingin kurus sampai melakukan anorexia, itu sudah melawan kodrat Allah. Alih-alih ingin berubah justru malah jadi penyakit dan dapat merusak tubuhnya.

Yang terpenting adalah sehat, bebas penyakit dan hidup bahagia. Namun, jika kita ingin merubah diri sendiri maka itu boleh-boleh saja. Setiap orang pasti ingin menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, tergantung bagaimana presepsi kita masing-masing. Selama kita bisa nyaman dan bahagia dengan hidup kita yang sekarang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar