Tahun 2017 Mina Padi akan di Kembangkan di Indonesia

Sampurasun ... Rampes.

Tahun 2017 Mina Padi akan di Kembangkan di Indonesia

Mina Padi adalah cara yang digunakan oleh petani dengan menggabungkan teknik budidaya padi dan pemeliharaan ikan, yang dilakukan secara bersamaan di sawah.

Biasanya, sistem mina padi biasa dilakukan di sistem pengairan sawah teknis dan setengah teknis. Sebab keberadaan air di sawah dalam sistem mina padi sangat dibutuhkan.

Sistem mina padi, jelas mempunyai keuntungan yang dapat dirasakan oleh petani.


Program mina padi (sawah ikan padi) akan dikembangkan pemerintah di tahun 2017 sebanyak 200.000 hektare lahan pertanian. Pemerintah akan meningkatkan skala pertanian mina padi dalam dua tahap, di mana tahap pertama (Maret 2017) akan dikembangkan 100.000 hektare lahan dan kemudian pada tahap kedua (Oktober 2017) ditingkatkan menjadi 200.000 hektare lahan.

Pemerintah meyakini program mina padi yang menguntungkan petani hingga Rp30 juta per hektare dalam 4 bulan itu juga akan sangat menarik secara bisnis bagi perbankan. Pasalnya, dengan modal Rp35 juta per hektare lahan untuk membuat galangan di sawah, keuntungan yang didapat petani bisa mencapai Rp64 juta per hektare dalam empat bulan.


Kemenko Kemaritiman terus melakukan upaya pengembangan program mina padi sebagai cara meningkatkan pendapatan dan gizi petani Indonesia.

Mina padi merupakan bentuk usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah yang ditanami padi sebagai kolam budidaya air tawar.

Mina padi punya manfaat besar karena ikan bisa menjadi predator hama yang menyuburkan lahan sawah. Di sisi lain, tanamam padi memberikan pasokan oksigen bagi ikan.

Tentunya budidaya padi yang akan diterapkan pada mina padi harus menggunakan serba organik, dan pembasmi hama padi yang tak akan mengganggu pertumbuhan ikan dan kelangsungan hidup ikan 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar