Unik ... Desa Siluman tidak pernah dijarah pencuri, garong atau rampok

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Unik... Desa Siluman tidak pernah dijarah pencuri, garong atau rampok

Anda pasti tau wilayah Kabupaten Subang. Daerah tingkat dua yang dipimpin Bupati ini terletak di Jawa Barat. Kabupaten Subang tak jauh dari Jakarta, bila melintas lewat tol hanya beberapa jam saja.

FOTO : Mang Ricky M'Reload dan mang Mansur Bin Anen ( Fbs ) di Desa Siluman
FOTO : Mang Ricky M'Reload dan mang Mansur Bin Anen ( Fbs ) di Desa Siluman, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Prov. Jawa Barat. Foto by Mang Mansur Bin Anen FBS ( Pesbuker Subang )


Masyarakat Subang berprofesi mulai dari petani, kerajinan, dan jasa. Nah, ada satu yang unik dari nama desa di Subang. Nama desa ini terdengar menyeramkan. Nama desa ini pernah ramai diperbincangkan di media sosial. Baca Desa Siluman, Kecamatan Pabuaran

Tak lain namanya "Desa Siluman" yang terletak di Kecamatan Pabuaran. Desa ini berbatasan dengan kabupaten Purwakarta. Nama desa Siluman sendiri memang mengundang penasaran.... Seperti salah satunya cerita dibawah ini

Konon ...  Nama Siluman, diberikan oleh nenek moyangnya. Dulu daerah ini adalah hutan belantara. Tempat ini menjadi tempat pelarian kaum pergerakan yang dikejar-kejar kompeni. Jika telah masuk daerah ini, tidak seorang kompeni pun bisa menangkapnya. Sebaliknya di mata kompeni, buruannya itu menjadi hilang misterius bagai ditelan siluman. Maka disebutlah daerah siluman.

Tapi tunggu.... Nama itu memang Desa siluman," cuma bukan siluman dalam arti beneran seperti dalam dongeng-dongeng tahayul. Negeri Siluman ini adalah sebuah desa berpenghuni manusia, terdapat di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang.

Desa Siluman memang unik, dan barangkali karena tuahnya itu desa ini tidak pernah dijarah pencuri, garong atau rampok tidak ada disini. Penduduk setempat dengan yakin mengatakan, daerah ini sangat aman, tentram dan sadar hukum. Dan penduduk desa Siluman itu hidup seperti dalam pepatah Sunda.

 
"rea ketan rea keton. bru dijuru, bro di panto, ngalayah ditengah imah." 

Bahkan Desa Siluman Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat, mendapatkan penghargaan Sebagai Desa Sadar Hukum tingkat Provinsi Jawa-Barat. Hal itu tertuang dalam surat Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 144.47/Kep.1069 HukHam/2014.

Dalam SK Gubernur disebutkan Desa Siluman di daulat menjadi pemenang lomba Desa Sadar Hukum Tahun 2014 tingkat Provinsi.


Bahkan Kapolsek Pabuaran mengakui bahwa warga masyarakat Desa Siluman kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang selama ini telah menjunjung tinggi hukum, hal ini terbukti dengan semakin kondusifnya desa Siluman serta minimnya kasus kriminalitas maupun narkotika yang melibatkan warga desa Siluman. Sehingga sangatlah pantas desa tersebut mendapatkan predikat Desa Sadar Hukum.


Dengan perkembangan zaman yang begitu pesat di kalangan pedesaan. Kini desa siluman juga terkenal sebagai industri mebeler ( sofa ). Hasil produksinya sudah mencapai luar provinsi, luar pulau sampai ada yang diexspor ke luar negeri. Sungguh pencapaian yang luar biasa ..


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar