--> Skip to main content

Cara Pembibitan cabe rawit dari biji

Sampurasun ... 

Cara Pembibitan cabe rawit dari biji

MANGYONO.com - Pembibitan termasuk salah satu kegiatan awal dalam budidaya cabai rawit. Saya ini melakukan penyemaian di bedengan ukuran 0,5 Mtr x 1,5 Mtr. Untuk media tanam menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang / kompos dengan perbandingan 1: 3 ke dalam bedengan penyemaian.

Sebelum disemai, bibit / benih cabai rawit direndam dulu dalam air hangat (50 ° C) selama 1 jam. 


Biji cabai rawit diselesai direndam
Biji cabai rawit diselesai direndam
 Kemudian biji / benih yang telah direndam disemai dalam media semai dengan jarak 1-3 cm.

Bila menggunakan polybag atau aqua gelas tertanam benih 1-2 biji per polybag atau per aqua gelas. Tutup benih dengan lapisan tipis tanah atau kompos. Benih yang telah dibenam disiram sampai basah dan kemudian ditutup dengan daun pisang selama 3-5 hari. Penyiraman dilakukan setiap hari

Biji cabai rawit disemai
Biji cabai rawit disemai


Pada usia 1 minggu semaian biji cabe rawit akan bertunas dan kuncup - kuncup daun akan muncul. Seperti pada foto dibawah...




Bibit cabai rawit dipersemaian umur 1 minggu
Bibit cabai rawit dipersemaian umur 1 minggu


Dalam 1,5 bulan atau bibit telah memiliki 5 helai daun atau lebih bibit cabai rawit bisa kita tanam pada tanah yang sudah diolah dan siap ditanami.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments