Binatang Undur - undur

Sampurasun ...

Undur-undur adalah 

MANGYONO.com - Undur - undur sebutan untuk kelompok serangga. Undur-undur memiliki nama famili Myrmeleontidae yang berasal dari bahasa Yunani myrmex (semut) dan leon (singa) sehingga nama Myrmeleontidae secara harfiah bisa diartikan "semut singa".

Binatang Undur - undur

Binatang ini tergolong unik, karena menjadi satu-satunya binatang yang berjalan mundur. Oleh karena itu dia diberi nama undur-undur. Memiliki bentuk kecil, lebih kecil dari lebah serta lebih besar dari kutu. Hidupnya di debu kering di dekat rumah saung kebun. Biasanya, hewan kecil ini dipakai untuk mainan anak-anak dengan mengikat benang tipis pada leher undur-undur.

Mungkin banyak sobat yang dah lama gak liat ini binatang serangga Undur - undur.. Dulu waktu kecil sering banget nyari nih binatang serangga... Trik yang digunakan untuk memancing undur - undur ini keluar dari sarangmya tidak perlu harus membongkar sarangnya. Jika berhasil mendapatkan seekor undur-undur, lalu diikat dengan benang dan dimasukkan ke dalam sarang yang lain. Beberapa saat diangkat, undur-undur kedua ikut tertarik keluar..... Ternyata sekarang undur - undur  berkhasiat lho..

Sarang jebakan yang dibuat larva undur-undur 
Sarang jebakan yang dibuat larva undur-undur

Undur-undur ada dua type, yakni yang hidup di darat serta di laut. Pertama, undur-undur darat. Type ini banyak didapati di seputar rumah yang halamannya berdebu.

Tempat tinggalnya juga sebagai perangkap (seperti laba-laba), tampak seperti lingkaran atau lubang di pasir. Serangga atau semut yang melalui bakal terjerat dalam lubang pasir tadi, serta jadi santapan lezat si undur-undur.


Baca juga : Manfaat dan khasiat undur-undur bagi kesehatan tubuh

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar