Manfaat dan khasiat undur-undur bagi kesehatan tubuh

Sampurasun ...

Manfaat dan khasiat undur-undur bagi kesehatan tubuh

MANGYONO.com - Manfaat undur-undur telah jadi pembicaraan lama. Banyak yang bilang manfaat undur-undur lebih mengarah pada penyembuhan tradisional walau selalu diperdebatkan dengan cara akademis. Baca Binatang Undur - undur

Saat ini pengobatan alternatif sedang digandrungi. Orang beralih kepada obat-obatan yang berasal dari alam, seperti minum rebusan akar pohon, daun-daunan atau makan buah-buahan tertentu yang diyakini memiliki khasiat menyembuhkan. Mengonsumsi hewan tertentu juga diyakini bisa menyembuhkan.

Manfaat dan khasiat undur-undur bagi kesehatan
Manfaat dan khasiat undur-undur bagi kesehatan

 

Serangga undur-undur ini juga kini menjadi alternatif pengobatan. Seperti halnya mengonsumsi air rebusan cacing yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tipes atau memakan empedu / daging kelelawar sebagai obat penyakit asma. Undur-undur ternyata berkhasiar menyembuhkan darah tinggi, stroke dan diabetes.

Sebuah penelitian lain menyatakan, binatang ini berfungsi sebagai antidiabetes karena mengandung sulfonilurea. Zat ini melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin.


Ketika insulin dalam tubuh menurun, sementara kadar glukosa darah meningkat, akan terjadi ketidakseimbangan. Insulin sebagai penghasil energi berkurang sehingga tubuh mudah terkena penyakit.

Sulfonilurea termasuk agen oral hipoglikemik (zat yang berfungsi menurunkan glukosa darah) pada pengidap diabetes tipe-2. Sulfonilurea meningkatkan pengeluaran hormon insulin oleh pankreas.

Adanya asam lemak omega-3 dalam undur-undur diyakini dapat menaikkan kadar insulin sehingga bisa menurunkan kadar gula pada pasien diabetes melitus. Walaupun khasiatnya sudah terbukti, undur-undur sebagai obat alternatif bagi diabetes masih menjadi polemik di dunia kedokteran.

Cara mengonsumsinya ada dua macam, yaitu :

1. Langsung ditelan sebanyak 2-5 ekor, sehari dua kali. 
2. Dimasukkan ke dalam kapsul sebanyak 2-5 ekor undur - undur, lalu diminum sehari dua kali (pagi dan sore).

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar