Skip to main content

Gabah Kering Panen (GKP) adalah

Sampurasun ...

Gabah Kering Panen (GKP) adalah

MANGYONO.com - Gabah adalah bulir padi. Biasanya mengacu pada bulir padi yang telah dipisahkan dari tangkainya (jerami). Asal kata "gabah" dari bahasa Jawa gabah.

Gabah Kering Panen (GKP) adalah gabah yang mengandung kadar air lebih besar atau gabah dari tanaman padi yang baru saja dipanen biasanya mempunyai kadar air sekitar 18 % sampai 25 %. Gabah yang berada pada kadar air tersebut masih sangat sukar untuk langsung digiling karena cukup basah sehingga sulit untuk pecah dan terkelupas, yang ada malalah hancur

 Gabah Kering Panen (GKP)
 Gabah Kering Panen (GKP)

Gabah setelah panen biasanya segera dirontokkan dengan berbagai cara, baik itu dengan alat atau dengan cara manual dipukulkan di papan yang bercelah sehingga bulir – bulir gabah terlepas dari malainya.

Dari berbagai sumber perontokan dengan cara manual (dipukulkan / digebotkan) bisa mengurangi hasil panen 5 % – 8 %, oleh karena itu perontokan lebih baik menggunakan alat perontok semi mekanis (pedal threser) atau perontok mekanis (power threser). 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar