Pemindahan bibit cabe rawit dari penyemaian ke gelas plastik

Sampurasun ...

Pemindahan bibit cabe rawit dari penyemaian ke gelas plastik

MANGYONO.com - Memindahkan benih cabe dari tempat penyemaian ke dalam polybag atau gelas plastik, media yang digunakan yaitu campuran tanah dengan arang sekam padi dengan perbandingan 1:1. 

Nah, berikut ini pemindahan bibit cabe rawit dari penyemaian ke gelas plastik, adalah cara saya sendiri, mungkin berbeda dengan para master budidaya cabe rawit yang menyemai didalam tray semai, karena saya menggunakan pot kecil untuk penyemaian jadinya jarak semeian terlalu dekat, jadi selanjutnya saya memindahkan bibit dari semaian ke gelas plastik, satu gelas 1-2 bibit.

Bibit cabe rawit di penyemaian.
 Bibit cabe rawit di penyemaian.


Berikut ini langkah cara memindahkan bibit cabe dari penyemaian ke gelas plasti:
i. Masukan media semai yang sudah dicampur tadi ke dalam gelas plastik hingga memenuhi 3/4 bagiannya. 

ii. Kemudian buatlah lubang di tengah-tengah gelas plastik bekas tersebut untuk meletakkan bibit cabainya.

iii. Pindahkan satu atau dua benih cabe rawit dari tempat penyemaian, perhatikan akar benih tanaman cabai tersebut jangan sampai ada bagian yang patah. 

Bibit cabe rawit yang akan dipindahkan.
 Bibit cabe rawit yang akan dipindahkan.


iv. Letakkan bibit cabe rawit tersebut di tengah-tengah lubang, kemudian tutup akar benih tanaman cabe dengan seluruh media tanam hingga cukup padat. Siram bagian tanah dengan air sampai basah.

Bibit cabe rawit dari penyemaian sudah dipindah ke gelas plastik
 Bibit cabe rawit dari penyemaian sudah dipindah ke gelas plastik

Setelah proses penanaman selesai, supaya tanaman cabe tersebut dapat tumbuh dengan subur, maka Anda harus memeliharanya dengan baik dan telaten. Lakukan penyiraman secukupnya, yakni dengan intensitas sebanyak 3 hari sekali atau jika sedang musim kemarau (panas matahari terik) bisa dilakukan setiap hari.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar