Harga padi ketan di Subang Anjlok

Sampurasun ...

Harga padi ketan di Subang Anjlok 

MANGYONO.com - Anjloknya harga padi varietas Ketan, membuat  Para petani Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat kapok menanam varietas padi ketan, padahal pada musim panen lalu harganya mencapai Rp.6.000/kg,-sementara musim panen kali ini harganya anjlok sangat signifikan hingga harga jual gabah parietas ketan Grendel hanya pada kisaran Rp.3.500 perkilogramnya.

Harga padi ketan di Subang Anjlok
Harga padi ketan di Subang Anjlok 

 

Bagi para petani yang tergiur dengan harga jual varietas ketan pada musim panen lalu, tentunya membuat para petani tergoda untuk menanam varietas ini,dengan harapan haraganya seperti musim panen lalu, ternyata panen raya kali ini di Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat para petani merugi. Karena harga jual padi ketan ini anjlok, diharapkan pemerintah ada intervensi terkait anjloknya harga gabah jenis varietas ketan.

Menurut Mista, di wilayah Desa Barugbug ini, tak kurang dari 45 hektar para petani menanam padi  jenis varietas ketan. Padahal sebelumnya petani untuk menanam parietas ketan itu hanya iseng hanya untuk bahan penganan keluarga, dia menghimbau agar kedepan, para petani kembali menanam varietas yang biasa ditanam, seperti varietas Ciherang, Mekongga, atau varietas Pandan wangi.

" Yah semua diluar dugaan para petani, terjadinya anjlok harga gabah ketan, malahan dibawah harga padi biasa seperti
varietas Ciherang, Mekongga, atau varietas Pandan wangi.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar