PT. GPL Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Biogas untuk memperkuat kelistrikan di Wilayah Bangka Belitung

Sampurasun ...

PT. GPL Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Biogas untuk memperkuat kelistrikan di Wilayah Bangka Belitung

MANGYONO.com - Perseroan Terbatas PLN (Persero) Wilayah Bangka Belitung akan membeli listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Biogas PT Gunung Pelawan Lestari (GPL). Pembangkit Listrik Energi Terbarukan Biogas (PLTBg) itu berkapasitas 1,2 Mega Watt untuk memperkuat kelistrikan di Belinyu dan sekitarnya.

PT ‎GPL selain mengoperasikan pabrik CPO pada tahun 2016 ini juga berencana membangun pembangkit listrik Biogas.

Listrik ini nantinya selain memenuhi kebutuhan listrik perusahaan
PT ‎GPL juga bisa memenuhi kebutuhan listrik warga setempat.
 
PT ‎GPL bekerjasama dengan PLN membangun pembangkit listrik Biogas. nantinya bahan baku biogas ini diambil dari limbah pengolahan CPO.

 Pembangkit Listrik Tenaga Biogas untuk memperkuat kelistrikan di Wilayah Bangka Belitung. Foto dari Rusdy Tontawi

Langkah ini dilakukan di Babel, karena ketersediaan pembangkit listrik dari PLTD memberikan beban biaya yang tinggi terhadap bahan bakar fosil (Solar) yang digunakan selama ini. Karena itu sekarang memerlukan solusi kemandirian penyediaan tenaga listrik dari potensi-potensi yang dimiliki Babel, salah satunya limbah perkebunan sawit.

Pembangkit Listrik Tenaga Biogas. Drone biogas site tuing.
Pembangkit Listrik Tenaga Biogas. Drone biogas site tuing. Foto dari Rusdy Tontawi

Berdasarkan data Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Babel, luas areal perkebunan kelapa sawit di Babel lebih dari 200.000 hektar yang lahannya milik swasta dan milik rakyat. 

Dengan memanfaatkan limbah perkebunan sawit sebagai energi pembangkit listrik, ini dapat memberikan dampak positif langsung, dikarenakan limbah perkebunan sawit ini memiliki potensi energi yang besar, dan hanya akan menjadi sampah bila tidak dimanfaatkan.

Saat ini di Babel sedang dibangun pembangkit pemanfaatan limbah yang diubah menjadi energi (Waste to Energy-WtE) berupa Biogas sebagai solusi penyediaan energi listrik.

Berdasarkan data yang ada, di Babel terdapat sekitar 40 pabrik perkebunan kelapa sawit dan 13 diantaranya sudah memiliki pembangkit listrik sendiri. Dengan memanfaatkan limbah perkebunan sawit menjadi biogas untuk energi listrik.

Kenapa admin tau tentang ini, ya karena PT dimana admin bekerja merupakan subkontraktor pembuatan pabrik pembangkit listrik Biogas... Hehehe
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar