--> Skip to main content

Gara - Gara Tutut Mang Soding dari Tukang Becak Menjadi Pengusaha Makanan Sukses di Subang

Sampurasun...

Gara - Gara Tutut Mang Soding dari Tukang Becak Menjadi Pengusaha Makanan Sukses di Subang

MANGYONO.com - Mang Soding awalnya adalah bekerja sebagai penarik becak. Tapi sekarang mampu mengubah tutut sawah menjadi kuliner yang diburu...  

Si empunya tutut pedas, Mang Soding mengatakan, sayur tutut yang diolahnya sendiri bersama 8 karyawannya itu rata - rata perharinya mengolah 2 kwintal , untuk mengolah tutut dimulai pada petang hari ditempatnya di Kampung Cibanggala, Desa Ciberes, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tutut Mang Soding i8ni didapat dari pencari tutut yang setiap harinya menyetorkan hasil buruan tutut ke mang Soding.

Gara - Gara Tutut Mang Soding dari Tukang Becak Menjadi Pengusaha Sukses di Subang
Gara - Gara Tutut Mang Soding dari Tukang Becak 
Menjadi Pengusaha Sukses di Subang 



Para pekerja mencuci dan merendam tutut selama 1 malam, tujuannya agar bau lumpur yang melekat pada hewan keras ini hilang, dan sang tutut mengeluarkan lumpur. Kebersihan tutut di tempat olahan mang Soding merupakan hal yang utama, karena itu setelah direndam semalaman tutut tersebut dicuci kembali. Dan agar lebih cepat dan lebih bersih pencucian tutut menggunakan mesin "molen" 

 Selanjutnya cangkang tutut - tutut yang sudah dicuci dipotong ujungnya (bagian runcingnya). Tujuannya agar "dikecrok" daging tutut keluar dan bumbu meresap kedalam. Untuk bahan dasar bumbu tutut mang Soding layaknya sayur gulai tanpa santan... Tapi Pedas..

"Agar mendapatkan cita rasa yang lezat semua bumbu rempah-rempah dicampur adukan, bumbu dapur yang menjadi bahan pokok selera rasa sayur tutut Soding tersebut yakni gula merah, sereh, kunyit, asam jawa, garam, laos, jahe dan cabai."

Cara memasaknya pun sederhana setelah semua bumbu dimasak dan tutut dimasukan kedalam bumbu yang mendidih dalam tempo selama 15 menit tutut pedas Soding sudah siap dihidangkan...

Kehidupan Mang Soding berubah... Bahkan dari hasil penjualan Tutut Pedas kini seorang penarik becak asli Subang mang Soding sudah mampu menempati kios untuk jualan tutut seharga 450 Juta.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments