Skip to main content

Malam ini 14 November 2016 ada Supermoon / Bulan Purnama Raksasa

Sampurasun ...

Malam ini 14 November 2016 ada Supermoon / Bulan Purnama Raksasa

MANGYONO.com - Malam ini terjadi sebuah fenomena langka, yaitu adanya peristiwa Supermoon atau bulan purnama raksasa.

Menurut ahli astronomi bidang fisika matahari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Drs A Gunawan Admiranto mengatakan fenomena supermoon ini terjadi ketika bulan mencapai fase purnama dititik terdekat lintasan dengan bumi, yang dimana bulan akan tampak sedikit lebih terang dan besar dari biasanya. Yang membuatnya langka adalah ukuran jarak supermoon saat ini persis dengan rentang jarak terdekat antara bulan dan bumi seperti saat 68 tahun lalu, yakni 356.490 kilometer, untuk melihat fenomena supermoon ini dapat dilakukan sepanjang malam. Mulai dari terbitnya bulan di timur (saat senja) dan tenggelamnya di Barat (saat fajar) tiba.   

 Ilustrasi : Supermoon / Bulan Purnama Raksasa di Jakarta
 Ilustrasi : Supermoon / Bulan Purnama Raksasa di Jakarta

Tapi kondisi itu bisa didapat apabila kondisi langit dalam keadaan terang dan tidak mendung seperti sekarang ini, selain itu lokasi terbaik untuk melihat supermoon adalah tempat gelap atau yang tidak terlalu banyak adanya polusi cahaya lampu, atau jauh dari kota, dan saat bulan berada dalam satu garis horizontal, dan puncak purnama di Indonesia akan berlangsung selama 2,5 Jam antara pukul 19:27 hingga 20:52 WIB. Pada waktu itu bulan sudah terbit di seluruh Indonesia dan posisinya sudah cukup tinggi di atas horison.

Fenomena bulan super atau supermoon tak picu kenaikan air laut. Hal ini mematahkan kekhawatiran supermoon bisa memicu pasan air alut di perairan Indonesia.

Bentuk bulan 14 persen lebih besar dibanding bentuk biasanya. Bulan juga menjadi 30 persen lebih terang daripada purnama. Fenomena supermoon saat ini menjadi yang terdekat di abad 21.
 
Dan fenomena supermoon berikutnya baru akan terjadi kembali pada 26 November 2034.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar